ANALISIS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SDN GEMARANG 7

Mavika Nurdia Bakti, Sofyan Susanto, Djoko Hari Supriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat membaca siswa Sekolah Dasar Negeri Gemarang 7 Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi dalam upaya pemanfaatan perpustakaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri Gemarang 7. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan wawancara. Observasi dilakukan pengamatan langsung di SD Negeri Gemarang 7 sedangkan wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah beserta bapak ibu guru di SDN Geamarang 7. Hasil dari penelitian dalam upaya pemanfaatan perpustakaan sebagai sarana minat baca di SD Negeri Gemarang 7 sudah berjalan dengan baik, walapun masih terdapat beberapa faktor yang menghambat kurangya minat membaca siswa, dari faktor siswanya sendiri dan dari faktor lingkungan, keluarga. Untuk faktor siswa, kurangya motivasi siswa untuk minat baca sedangkan dari faktor lingkungan pengaruh dari teman, dan kurangnya motivasi dari keluarga di rumah. Namun pihak sekolah selalu berupaya untuk menumbuhkan minat baca siswa agar selalu menjadi kebiasaan positif dan terbawa sampai dewasa nanti.


Keywords


perpustakaan; pemanfaatan; minat baca

Full Text:

PDF

References


Basu, P. (2018). Pemanfaatan Perpustakaan sekolah dalam eingkatkan Minat Baca. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fiqriansyah, N. (2021). Pengaruh manajemen fasilitas perpustakaan dan manajemen pelayanan perpustakaan terhadap minat baca peserta didik. Managere, 3(1), 11–26.

Irawati. (2021). Peranan guru dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar santriwan-santriwati madrasah aliyah pondok pesantren as’ad kota jambi. UIN Sutha Jambi.

Kartika, I., & Purwati, R. (2020). Upaya Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 65. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.46

Lestari, I. A., & Harisuna, N. R. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Siswa terhadap Minat Baca Siswa. Literature Review, 0812, 195–200.

Nawawi, S. E. (2018). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Motivasi Peningkatan Minat Baca Siswa SLTP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11206/1/Pemanfaatan Perpustakaan SEkolah Sebagai Sarana Motivasi Peningkatan Minat Baca Siswa SLTP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa.pdf

Novidawati. (2019). Program Studi PG-PAUD, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Pontianak. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1)

Nursalina, A. I., & Budiningsih, T. E. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Minat Membaca Anak. Educational Psychology Journal, 3(1), 1–7.

Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599

Putu, I. P., Daytona, B., Suniasih, N. W., Bagus, I., & Manuaba, S. (2020). Determinasi Motivasi Belajar dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Baca. International Journal of Elementary Education., 4(1), 26–34.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405

Retariandalas. (2017). Pengaruh Minat Membaca dan Motivasi Belajar. Formatif, 7(2), 190–197.

Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164.

Salo, E. S. (2020). Analisis Manajemen Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Universitas Kristen Toraja.

Susilawati, E., Abdurakhman, O., & Maryani, N. (2021). Manajemen Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar di Madrasah Aliyah. Tadbir Muwahhid, 5(2), 219–243. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i2.4551

Syah, D., Imroatun, & Jannah, T. U. (2019). Pengaruh Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Membaca Siswa. Cilegon, 11(2), 50–57.

Utami, D. R., Wibowo, C. D., & Susanti, Y. (2018). Analisis Minat Membaca Siswa pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(April).

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3, 26–31.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.