PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PGMI DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Immawati Nur Aisyah Rivai, Rivai Mana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah, pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi
belajar dan adakah pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar mahasiswa PGMI di tengah
pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan secara online menggunakan google form
dengan alamat https://forms.gle/iafoGYvob9P1fQfNA pada bulan juni 2021. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa angkatan 2020 PGMI Universitas UIN Alauddin Makassar dan sampel yang digunakan
adalah seluruh mahasiswa angkatan 2020 yang mengikuti proses pembelajaran online. Instrumen yang
digunakan adalah observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi
sederhana, uji instrumen, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan menunjukan bahwa terdapat
pengaruh signifikan antara pembelajaran online terhadap motivasi belajar, hal ini menunjukkan bahwa
semakin tinggi dan meningkatnya variabel pembelajaran online maka motivasi belajar akan akan semakin
meningkat. Dan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran
online terhadap minat belajar, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dan meningkatnya variabel
pembelajaran online maka minat belajar akan akan semakin meningkat


Keywords


Pembelajaran Online. Motivasi Belajar Dan Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2016). Motivasi

belajar sebagai determinan hasil belajar

siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen

Perkantoran, 1(1).

Aurora, A., & Sharma, C. (2016). Corporate

governance and firm performance in

developing countries: evidence krom India.

Corporate Governance, Vol. 16, No. 2, pp.

-436.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran

Online di Tengah Pandemi Covid-19.

Indonesian Journal of Educational Science

(IJES). Vol 2(2), 81-89.

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019).

Rancangan Pengembangan Instrumen

Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring.

Jurnal Petik, 5(1), 31–47.

https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., &

Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring

masa pandemik Covid-19 pada calon guru:

hambatan, solusi dan

proyeksi. LP2M.

http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/1/Pembelaja

ran%20Daring%20Masa%20Pandemik%20Cov

id19%20Pada%20Calon%20Guru%20Hambata

n%2C%20Solusi%20Dan%20Proyeksi.pdf.

Diakses tanggal 20 Juni 2021.

Made, Y.S.N. (2020). Variations of Models

and Learning Platforms for Prospective

Teachers During the COVID-19 Pandemic

Period. Indonesian Journal of Teacher

Education, 1(2), 61–70.

https://corona.ntbprov.go.id/

Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh

Media Pembelajaran Google Classroom

Dalam Pembelajaran Analisis Real

Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.

Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan

Matematika.

Pusdiklat Kemdikbud. (2020). Surat Edaran

Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang

Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam

Masa Darurat Penyebaran Corona Virus

Disease (COVID- 1 9) - Pusdiklat Pegawai

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran

Daring Guru Sekolah Dasar Di

Kabupaten Banjarnegara. Vol 7(2), 297–

p-ISSN 2338-980X. e-ISSN

-4264

Suharyanto, & Mailangkay, adele B. L. (2016).

Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu

Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal

Ilmiah Widya, 3, 17–21.

https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.2016.02.0

Yohanes Enggar Harususilo. 2020. Kuota dan

Uang Kuliah Jadi Kendala Mahasiswa di

Tengah Wabah Covid-19.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/2

/151626771/kuota-dan-uang-kuliah-jadikendala-

mahasiswa-di-tengah-wabah-covid-

?page=all.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.6403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.