PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PGMI DI TENGAH PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah, pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi
belajar dan adakah pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar mahasiswa PGMI di tengah
pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan secara online menggunakan google form
dengan alamat https://forms.gle/iafoGYvob9P1fQfNA pada bulan juni 2021. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa angkatan 2020 PGMI Universitas UIN Alauddin Makassar dan sampel yang digunakan
adalah seluruh mahasiswa angkatan 2020 yang mengikuti proses pembelajaran online. Instrumen yang
digunakan adalah observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi
sederhana, uji instrumen, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan menunjukan bahwa terdapat
pengaruh signifikan antara pembelajaran online terhadap motivasi belajar, hal ini menunjukkan bahwa
semakin tinggi dan meningkatnya variabel pembelajaran online maka motivasi belajar akan akan semakin
meningkat. Dan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran
online terhadap minat belajar, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dan meningkatnya variabel
pembelajaran online maka minat belajar akan akan semakin meningkat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R., & Rasto, R. (2016). Motivasi
belajar sebagai determinan hasil belajar
siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen
Perkantoran, 1(1).
Aurora, A., & Sharma, C. (2016). Corporate
governance and firm performance in
developing countries: evidence krom India.
Corporate Governance, Vol. 16, No. 2, pp.
-436.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran
Online di Tengah Pandemi Covid-19.
Indonesian Journal of Educational Science
(IJES). Vol 2(2), 81-89.
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019).
Rancangan Pengembangan Instrumen
Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring.
Jurnal Petik, 5(1), 31–47.
https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., &
Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring
masa pandemik Covid-19 pada calon guru:
hambatan, solusi dan
proyeksi. LP2M.
http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/1/Pembelaja
ran%20Daring%20Masa%20Pandemik%20Cov
id19%20Pada%20Calon%20Guru%20Hambata
n%2C%20Solusi%20Dan%20Proyeksi.pdf.
Diakses tanggal 20 Juni 2021.
Made, Y.S.N. (2020). Variations of Models
and Learning Platforms for Prospective
Teachers During the COVID-19 Pandemic
Period. Indonesian Journal of Teacher
Education, 1(2), 61–70.
https://corona.ntbprov.go.id/
Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh
Media Pembelajaran Google Classroom
Dalam Pembelajaran Analisis Real
Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.
Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan
Matematika.
Pusdiklat Kemdikbud. (2020). Surat Edaran
Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang
Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam
Masa Darurat Penyebaran Corona Virus
Disease (COVID- 1 9) - Pusdiklat Pegawai
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran
Daring Guru Sekolah Dasar Di
Kabupaten Banjarnegara. Vol 7(2), 297–
p-ISSN 2338-980X. e-ISSN
-4264
Suharyanto, & Mailangkay, adele B. L. (2016).
Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu
Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal
Ilmiah Widya, 3, 17–21.
https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.2016.02.0
Yohanes Enggar Harususilo. 2020. Kuota dan
Uang Kuliah Jadi Kendala Mahasiswa di
Tengah Wabah Covid-19.
https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/2
/151626771/kuota-dan-uang-kuliah-jadikendala-
mahasiswa-di-tengah-wabah-covid-
?page=all.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.6403
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.