PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI DAKONMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI VISUAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Visual dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(3), 236–246. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.74
Amir, M. F., & Kurniawan, M. I. (2016). Penerapan Pengajaran Terbalik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD UMSIDA pada Materi Pertidaksamaan Linier. Pedagogia, 4(1), 13–26.
Amir, M. F., & Sartika, S. B. (2017). Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. Sidoarjo: Umsida Press.
Amir, M. F., & Wardana, M. D. K. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538
Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Pgsd Upp Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 31(2), 125160. https://doi.org/10.15294/jpp.v31i2.5696
Arif, R., Hadi, S., & Artikel, I. (2015). Dengan Model Pembelajaran Drill and Practice Kelas X Sma N 1, 4(2), 536–548.
Arifin, S., & Aprisal. (2020). J urnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 89–98.
Firdaus Daud. (2015). “Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo.” Jurnal Pendidikan Dan Pembe. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 5–11.
Fitri, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sponges Dakon Pada Materi FPB dan KPK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 171–178. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p171-178
Hamzah, B. U. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, Heri; Mulyani, Heny; Nurhasanah, S. D. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 35–46.
Jamalia, J., Bey, A., & Lambertus, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 28 Konsel. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 85. https://doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8271
Kembuan, E. M., & Irwansyah, I. (2019). Peran Teknologi Audio-Visual Dalam Pengembangan Pembelajaran Anak Di Sekolah Dasar Karya Anak Bangsa Di Manado [the Role of Technology and Audio-Visual Media in Learning Development At Anak Bangsa Elementary School, Manado]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(1), 73. https://doi.org/10.19166/pji.v15i1.1311
Khairiyah, U. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD / MI Lamongan. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman.
Kuswanto, J. (2017). Pengembangan Game Berhitung Dengan Meggunakan Visual Basic 6.0 Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II Di SD Negeri 3 Okut. Journal of Educational Studies, 2(1), 61.
Piper, B., Simmons Zuilkowski, S., Dubeck, M., Jepkemei, E., & King, S. J. (2018). Identifying the essential ingredients to literacy and numeracy improvement: Teacher professional development and coaching, student textbooks, and structured teachers’ guides. World Development, 106, 324. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2018.01.018
Pitdjeng. (2015). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Prasetia, F. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm, 01(02), 257–266.
Purwasih, S. M. (2020). Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10087
Sulistyani, N., & Deviana, T. (2019). Analisis Bahan Ajar Matematika Kelas V SD di Kota Malang. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(2), 133–141.
Swanson, H. L. (2016). Word Problem Solving, Working Memory and Serious Math Difficulties: Do Cognitive Strategies Really Make a Difference? Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 5(4), 368–383. https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2016.04.012
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Thuneberg, H. M., Salmi, H. S., & Bogner, F. X. (2018). How creativity, autonomy and visual reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on inquiry-based math module. Thinking Skills and Creativity, 29(July), 153–160. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.07.003
Trisnani, N., & Puji Utami, W. T. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Widoro. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 422. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.6398
Wardana, S., & Sagoro, E. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28693
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.5988
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.