HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR IPA MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi yang bertujuan
untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar daring mahasiswa pada masa pandemi
COVID-19. Subjek populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Proram
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar angkatan 2019 sebanyak 93 mahasiswa. Instrumen penelitin yang
digunakan berupa angket motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Hasil analisis korelasi dengan
menggunakan Uji Pearson menunjukkan bahwa setiap aspek motivasi belajar memiliki nilai koefisien
korelasi yang tinggi dengan hasil belajar yang terlihat sebagai berikut: Aspek 1 sebesar 0,119; Aspek 2
sebesar 0,663; Aspek 3 sebesar 0,418; Aspek 4 sebesar 0,425; Aspek 5 sebesar 0,649; dan Aspek 6 sebesar
0,554. Secara keseluruhan diperoleh nilai koefisien korelasi motivasi belajar dengan hasil belajar daring
mahasiswa sebesar 0,767 dan berada pada kategori kuat. Dari hasil ini dapat diketahui adanya hubungan
antara motivasi belajar dan hasil belajar daring mahasiswa di masa pandemic COVID-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Moedjiono. 2013. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Baber, H. (2020). Determinants of Students’
Perceived Learning Outcome and
Satisfaction in Online Learning during the
Pandemic of COVID19. Journal of
Education and E-Learning Research, 7(3),
–292.
https://doi.org/10.20448/journal.509.202
73.285.292
Education, U. S. D. of. (2010). Evaluation of
Evidence-Based Practices in Online Learning:
A Meta-Analysis and Review of Online
Learning Studies.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran
Online di Tengah Pandemi Covid-19.
Indonesian Journal of Educational Science
(IJES), 2(2), 81–89.
https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Gilbert, B. (2015). Online Learning Revealing The
Benefits and Challenges. Fisher Digital
Publications.
Indah, R., & Sari, P. (2014). Hubungan
Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv
Di Sdn 11 Petang Jakarta Timur.
Pedagogik, II(1), 26–32.
Lee, J. X., Hathim, A., Azman, A., Ng, J. Y.,
& Shareela, N. A. (2020). Reflection of
Connetvism in Medical Edication
Learning Motion During COVID-19.
MedRxiv Preprint.
https://doi.org/https://doi.org/10.1101
/2020.07.07.20147918
Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A
study of the effects of digital learning on
learning motivation and learning outcome.
Eurasia Journal of Mathematics, Science and
Technology Education, 13(7), 3553–3564.
https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00
a
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., &
Fauzan, R. (2019). Formulasi Model
Perkuliahan Daring sebagai Upaya
Menekan Disparitas Kualitas Perguruan
Tinggi. Walisongo Journal of Information
Technology, 1(2), 151.
https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4
Nugraheni, F. (n.d.). Hubungan motivasi belajar
terhadap hasil belajar mahasiswa (studi kasus
pada mahasiswa fakultas ekonomi umk).
Retrieved August 2, 2020, from
www.trinanda.files.wordpress.com
Oktaviantoro, R. I. (2019). Hubungan motivasi
dan disiplin belajar dengan hasil belajar
ips siswa kelas v. Joyful Learning Journal,
(4), 249–254.
https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.16362
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam
Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah
Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal
of Information System, Applied, Management,
Accounting and Research, 4(2), 30–36.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. PT Raja Garafindo
Persada.
Schunk, D. H., Meece, J. R., & Pintrich, P. R.
(2014). Motivation in Education: Theory,
Research, and Applications (4th Ed).
Pearson.
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati.
(2019). Persepsi Siswa Dalam Studi
Pengaruh Daring Learning Terhadap
Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING:
Jurnal Pendidikan Islam Dan
Multikulturalisme, 1(2), 30–38.
Taurina, Z. (2015). Students Motivation and
Learning Outcomes: Significant Factors in
Internal Study Quality Assurance Aystem.
International Journal for Cross-Disciplinary
Subjects in Education (IJCDSE), 5(4), 2625–
https://infonomics-society.org/wpcontent/
uploads/ijcdse/published papers/special-issue-volume-5-
/Students-Motivation-and-Learning-
Outcomes-Significant-Factors-in-Internal-
Study-Quality-Assurance-System.pdf
Tim, D. J. P. T. (n.d.). Potret Pendidikan Tinggi
Di Masa COVID-19 (T. danNizam Belawan
(ed.)). Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan,.
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan
Pengukurannya: Analisis di Bidang
Pendidikan. Bumi Aksara.
Widarto. 2013. Penelitian Ex Post Facto.
Yogyakarta: Universitas Negeri
Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.5106
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.