HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR IPA MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nasrah Nasrah, Muafiah Nur

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi yang bertujuan
untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar daring mahasiswa pada masa pandemi
COVID-19. Subjek populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Proram
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar angkatan 2019 sebanyak 93 mahasiswa. Instrumen penelitin yang
digunakan berupa angket motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Hasil analisis korelasi dengan
menggunakan Uji Pearson menunjukkan bahwa setiap aspek motivasi belajar memiliki nilai koefisien
korelasi yang tinggi dengan hasil belajar yang terlihat sebagai berikut: Aspek 1 sebesar 0,119; Aspek 2
sebesar 0,663; Aspek 3 sebesar 0,418; Aspek 4 sebesar 0,425; Aspek 5 sebesar 0,649; dan Aspek 6 sebesar
0,554. Secara keseluruhan diperoleh nilai koefisien korelasi motivasi belajar dengan hasil belajar daring
mahasiswa sebesar 0,767 dan berada pada kategori kuat. Dari hasil ini dapat diketahui adanya hubungan
antara motivasi belajar dan hasil belajar daring mahasiswa di masa pandemic COVID-19.


Keywords


Motivasi Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Moedjiono. 2013. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Baber, H. (2020). Determinants of Students’

Perceived Learning Outcome and

Satisfaction in Online Learning during the

Pandemic of COVID19. Journal of

Education and E-Learning Research, 7(3),

–292.

https://doi.org/10.20448/journal.509.202

73.285.292

Education, U. S. D. of. (2010). Evaluation of

Evidence-Based Practices in Online Learning:

A Meta-Analysis and Review of Online

Learning Studies.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran

Online di Tengah Pandemi Covid-19.

Indonesian Journal of Educational Science

(IJES), 2(2), 81–89.

https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gilbert, B. (2015). Online Learning Revealing The

Benefits and Challenges. Fisher Digital

Publications.

Indah, R., & Sari, P. (2014). Hubungan

Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv

Di Sdn 11 Petang Jakarta Timur.

Pedagogik, II(1), 26–32.

Lee, J. X., Hathim, A., Azman, A., Ng, J. Y.,

& Shareela, N. A. (2020). Reflection of

Connetvism in Medical Edication

Learning Motion During COVID-19.

MedRxiv Preprint.

https://doi.org/https://doi.org/10.1101

/2020.07.07.20147918

Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A

study of the effects of digital learning on

learning motivation and learning outcome.

Eurasia Journal of Mathematics, Science and

Technology Education, 13(7), 3553–3564.

https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00

a

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., &

Fauzan, R. (2019). Formulasi Model

Perkuliahan Daring sebagai Upaya

Menekan Disparitas Kualitas Perguruan

Tinggi. Walisongo Journal of Information

Technology, 1(2), 151.

https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4

Nugraheni, F. (n.d.). Hubungan motivasi belajar

terhadap hasil belajar mahasiswa (studi kasus

pada mahasiswa fakultas ekonomi umk).

Retrieved August 2, 2020, from

www.trinanda.files.wordpress.com

Oktaviantoro, R. I. (2019). Hubungan motivasi

dan disiplin belajar dengan hasil belajar

ips siswa kelas v. Joyful Learning Journal,

(4), 249–254.

https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.16362

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa

Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam

Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah

Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal

of Information System, Applied, Management,

Accounting and Research, 4(2), 30–36.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. PT Raja Garafindo

Persada.

Schunk, D. H., Meece, J. R., & Pintrich, P. R.

(2014). Motivation in Education: Theory,

Research, and Applications (4th Ed).

Pearson.

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati.

(2019). Persepsi Siswa Dalam Studi

Pengaruh Daring Learning Terhadap

Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING:

Jurnal Pendidikan Islam Dan

Multikulturalisme, 1(2), 30–38.

Taurina, Z. (2015). Students Motivation and

Learning Outcomes: Significant Factors in

Internal Study Quality Assurance Aystem.

International Journal for Cross-Disciplinary

Subjects in Education (IJCDSE), 5(4), 2625–

https://infonomics-society.org/wpcontent/

uploads/ijcdse/published papers/special-issue-volume-5-

/Students-Motivation-and-Learning-

Outcomes-Significant-Factors-in-Internal-

Study-Quality-Assurance-System.pdf

Tim, D. J. P. T. (n.d.). Potret Pendidikan Tinggi

Di Masa COVID-19 (T. danNizam Belawan

(ed.)). Direktorat Jenderal Pendidikan

Tinggi, Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan,.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan

Pengukurannya: Analisis di Bidang

Pendidikan. Bumi Aksara.

Widarto. 2013. Penelitian Ex Post Facto.

Yogyakarta: Universitas Negeri

Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.5106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.