PROBLEMATIKA MAHASISWA DALAM MENYUSUN LKS BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES
Abstract
mahasiswa dalam menyusun LKS yang berbasis Multiple Intelligences. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Sedangkan penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu problematika mahasiswa dalam menyusun LKS yang berbasis multiple intellegences terletak pada kurang pahamnya dalam memadukan KD dan mengembangkan indikator dalam payung tema dan subtema. Selain itu kurang memahami terkait komponen LKS yang baik dan benar, kesulitan dalam menyusun LKS yang tujuan pembelajarannya kreatif dan inovatif salah satunya yang berbasis multiple intellegences yang disebabkan karena mahasiswa kurang kreatif dalam mengembangkan indikator dalam berbagai kegiatan yang kemudian dituangkan dalam tujuan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Jogjakarta : DIVA Press
Armstrong, Thomas.2009. Multiple Intellegences in The Classroom. Alexsandria: ASCD
Amstrong, Thomas.2013. Kecerdasan Multiple di Dalam Kelas.Jakarta : PT Indeks. article /view/15458), diakses 22 September 2020
Baum, Susan dkk. 2005. Multiple Intellegences In the Elementary Classroom A Teacher’s Toolkit. New York & London: Colombia University.
Celikler, D. 2010. The effect of worksheets developed for the subject of chemical compounds on student achievement and permanent learning. The International Journal of Research in Teacher Education, 1(1):42-51
Chatib, Munif & Said, Alamsyah. 2012. Sekolah Anak-Anak Juara: Berbasis Kecerdasan JAmak dan pendidikan Berkarakter. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas
Fleetham, M. 2006. Multiple Intellegences un Practice: Enhacing Self-esteen and Learning in The Classroom. Staford: Network Continum Education.
Gurney, Philip. 2007. “Five Factors for Effective Teaching”. New Zealand Journal of Teacher’s Work Vol. 4: 89-98. Diakses pada 22 September 2020 (www.teacherswork.ac.nz/journal/volume4_issue2/gurney.pdf)
Hadi, I.A. 2017. Pentingnya Pengenalan Tentang Perbedaan Individu Anak Dalam Efektivitas Pendidikan. Jurnal Inspirasi, (Online), 1 (1): 71-92, (https://ejournal.undaris.ac.id) diakses 22 September 2020
Hoerr, Thomas R dkk. 2010. Celebrating Every Learner: Activities and Strategies for Creating a Multiple Intellegences Classroom. San Francisco: Jossey Bass.
Gardner, H. 1993. Multiple Intteligence: The Theory in Practice A Reader. USA: Basic Book.
Ilham, Lukman. 2010. “Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”. Diakses tanggal 2 November 2020 (digilib.unm.ac.id/.../universitas%20negeri%20makassar-digilib-unmlukmanilha-268-...)
Jasmine, Julia. 2012. Metode Mengajar Multiple Intellegences: Membangkitkan Potensi Kecerdasan Siswa dalam Praktik Pembelajaran. Bandung: Nuansa Cendekia.
Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran : Implementasi, Konsep, Karakteristik, Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta : Teras
Nicolson, Kristen & Nelson. 1998. Developing Students’ Multiple Intellegences. New York, Toronto, London, Auckland, Sydney: Schoolastic Professional Book
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Suparno, P. 2004. Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran : Teori & Aplikasi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Thobroni, Muhammad dkk. 2013. Belajar&Pembelajaran. Jogjakarta: PT. Ar-Ruzz Media. Kanisius
Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara
Uno, Hamzah .B 2008. Profesi Kependidikan : Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : PT Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4965
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.