Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DARING MAHASISWA PADA MASA PANDEMIK COVID-19

Nasrah Nasrah, A. Muafiah A. Muafiah

Abstract


Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui tingkat motivasi dan hasil belajar daring mahasiswa pada
perkuliahan Konsep Dasar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah
sampel 140 mahasiswa yang mayoritas perempuan. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket
secara (online) dan dokumentasi hasil belajar mahasiswa pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.
Hasil penelitian dapat diketehui bahawa motivasi belajar daring mahasiswa pada mata kuliah Konsep
Dasar IPA 74% berada pada katagori motivasi sangat tinggi dan 1% termotivasi sangat rendah. Dari
beberapa indikator penilaian motivasi belajar, hanya indikator senang mencari dan memecahhkan masalah
soal-soal yang berada pada katagori motivasi tinggi yang lainnya berda pada katagori motivasi sangat
tinggi. Sedangkan dari analisis hasil belajar dapat diketahui bahwa hanya 52 % mahasiswa yang peroleh
nilai sangat baik dan 4% berada pada katagori nilai sangat tidak baik dengan rata-rata nilai 87,192 berada
pada katagori baik. Dari hasil ini dapat diketahui bahwa pencapain hasil motivasi belajar dan hasil belajar
belum maksimal, maka diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
mahasisswa dalam perkuliahan IPA.


Keywords


Analisis, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A.

(2016). Analisis Hasil Belajar

Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan

Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif

Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN

Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1.

https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.34

Baber, H. (2020). Determinants of Students’

Perceived Learning Outcome and

Satisfaction in Online Learning during the

Pandemic of COVID19. Journal of

Education and E-Learning Research, 7(3),

–292.

https://doi.org/10.20448/journal.509.202

73.285.292

Education, U. S. D. of. (2010). Evaluation of

Evidence-Based Practices in Online Learning:

A Meta-Analysis and Review of Online

Learning Studies.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020a).

Pembelajaran Online di Tengah Pandemi

Covid-19. Indonesian Journal of Educational

Science (IJES), 2(2), 81–89.

https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Firman, F., & Rahayu, S. (2020b).

Pembelajaran Online di Tengah Pandemi

Covid-19. Indonesian Journal of Educational

Science (IJES), 2(2), 81–89.

https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gilbert, B. (2015). Online Learning Revealing The

Benefits and Challenges. Fisher Digital

Publications.

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., &

Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar

Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19.

–8.

http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/3056

Lee, J. X., Hathim, A., Azman, A., Ng, J. Y.,

& Shareela, N. A. (2020). Reflection of

Connetvism in Medical Edication

Learning Motion During COVID-19.

MedRxiv Preprint.

https://doi.org/https://doi.org/10.1101/

07.07.20147918

Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A

study of the effects of digital learning on

learning motivation and learning outcome.

Eurasia Journal of Mathematics, Science and

Technology Education, 13(7), 3553–3564.

https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00

a

Manuhutu, S. (2015). Analisis Motivasi Belajar

Internal Siswa Program Akselerasi Kelas

Viii Smp Negeri 6 Ambon. PROMOSI

(Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 104–115.

https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.147

Nugraha, M. F., & Hendrawan, B. (2019).

Minat belajar mahasiswa pgsd pada mata

kuliah konsep dasar ipa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran.

Oktaviantoro, R. I. (2019). Hubungan Motivasi

Dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar

Ips Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal,

(4), 249–254.

https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.16362

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. PT Raja Garafindo

Persada.

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019).

Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh

Daring Learning Terhadap Minat Belajar

IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan

Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.

Suryaman, M. (2015). Analisis Hasil Belajar

Peserta Didik Dalam Literasi Membaca

Melalui Studi Internasional (Pirls) 2011.

Litera, 14(1), 170–186.

https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4416

Tim, D. J. P. T. (n.d.). Potret Pendidikan Tinggi

Di Masa COVID-19 (T. danNizam Belawan

(ed.)). Direktorat Jenderal Pendidikan

Tinggi, Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan,.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan

Pengukurannya: Analisis di Bidang

Pendidikan. Bumi Aksara.

Yanti, Yulia Eka. Susilo, Herawati .Amin,

Mohammad.Hastuti, U. sri. (2019). Studi

Awal Motivasi Belajar Mahasiswa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Pgsd)

Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa.

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Dasar, 2(2), 63.

https://doi.org/10.33603/.v2i2.2200




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.4219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.