ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DARING MAHASISWA PADA MASA PANDEMIK COVID-19
Abstract
Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui tingkat motivasi dan hasil belajar daring mahasiswa pada
perkuliahan Konsep Dasar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah
sampel 140 mahasiswa yang mayoritas perempuan. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket
secara (online) dan dokumentasi hasil belajar mahasiswa pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.
Hasil penelitian dapat diketehui bahawa motivasi belajar daring mahasiswa pada mata kuliah Konsep
Dasar IPA 74% berada pada katagori motivasi sangat tinggi dan 1% termotivasi sangat rendah. Dari
beberapa indikator penilaian motivasi belajar, hanya indikator senang mencari dan memecahhkan masalah
soal-soal yang berada pada katagori motivasi tinggi yang lainnya berda pada katagori motivasi sangat
tinggi. Sedangkan dari analisis hasil belajar dapat diketahui bahwa hanya 52 % mahasiswa yang peroleh
nilai sangat baik dan 4% berada pada katagori nilai sangat tidak baik dengan rata-rata nilai 87,192 berada
pada katagori baik. Dari hasil ini dapat diketahui bahwa pencapain hasil motivasi belajar dan hasil belajar
belum maksimal, maka diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
mahasisswa dalam perkuliahan IPA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A.
(2016). Analisis Hasil Belajar
Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan
Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif
Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN
Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1.
https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.34
Baber, H. (2020). Determinants of Students’
Perceived Learning Outcome and
Satisfaction in Online Learning during the
Pandemic of COVID19. Journal of
Education and E-Learning Research, 7(3),
–292.
https://doi.org/10.20448/journal.509.202
73.285.292
Education, U. S. D. of. (2010). Evaluation of
Evidence-Based Practices in Online Learning:
A Meta-Analysis and Review of Online
Learning Studies.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020a).
Pembelajaran Online di Tengah Pandemi
Covid-19. Indonesian Journal of Educational
Science (IJES), 2(2), 81–89.
https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Firman, F., & Rahayu, S. (2020b).
Pembelajaran Online di Tengah Pandemi
Covid-19. Indonesian Journal of Educational
Science (IJES), 2(2), 81–89.
https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Gilbert, B. (2015). Online Learning Revealing The
Benefits and Challenges. Fisher Digital
Publications.
Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., &
Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar
Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19.
–8.
http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/3056
Lee, J. X., Hathim, A., Azman, A., Ng, J. Y.,
& Shareela, N. A. (2020). Reflection of
Connetvism in Medical Edication
Learning Motion During COVID-19.
MedRxiv Preprint.
https://doi.org/https://doi.org/10.1101/
07.07.20147918
Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A
study of the effects of digital learning on
learning motivation and learning outcome.
Eurasia Journal of Mathematics, Science and
Technology Education, 13(7), 3553–3564.
https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00
a
Manuhutu, S. (2015). Analisis Motivasi Belajar
Internal Siswa Program Akselerasi Kelas
Viii Smp Negeri 6 Ambon. PROMOSI
(Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 104–115.
https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.147
Nugraha, M. F., & Hendrawan, B. (2019).
Minat belajar mahasiswa pgsd pada mata
kuliah konsep dasar ipa. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran.
Oktaviantoro, R. I. (2019). Hubungan Motivasi
Dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar
Ips Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal,
(4), 249–254.
https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.16362
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. PT Raja Garafindo
Persada.
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019).
Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh
Daring Learning Terhadap Minat Belajar
IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan
Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.
Suryaman, M. (2015). Analisis Hasil Belajar
Peserta Didik Dalam Literasi Membaca
Melalui Studi Internasional (Pirls) 2011.
Litera, 14(1), 170–186.
https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4416
Tim, D. J. P. T. (n.d.). Potret Pendidikan Tinggi
Di Masa COVID-19 (T. danNizam Belawan
(ed.)). Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan,.
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan
Pengukurannya: Analisis di Bidang
Pendidikan. Bumi Aksara.
Yanti, Yulia Eka. Susilo, Herawati .Amin,
Mohammad.Hastuti, U. sri. (2019). Studi
Awal Motivasi Belajar Mahasiswa
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Pgsd)
Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa.
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Dasar, 2(2), 63.
https://doi.org/10.33603/.v2i2.2200
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.4219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.