PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS DI KELAS VI SEKOLAH DASAR
Abstract
Kemampuan siswa Indonesia terutama pada keterampilan berpikir tingkat tinggi masih dalam kategori
rendah yaitu hasil PISA 2018 dimana Indonesia menduduki peringkat 70 dari 78 negara yang mengikuti
OECD dengan nilai rata-ratanya 396. Rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam juga ditemui pada hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional kelas VI SD
Negeri Purwokerto 01, dimana selama empat tahun terakhir mengalami penurunan yang drastis. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam terpadu berbasis higher
order thinking skills dan mengetahui karakteristik, kevalidan dan keefektifanbahan ajar Ilmu Pengetahuan
Alam terpadu berbasis higher order thinking skills. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan
yang menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall dalam Nana Syaodih
Sukmadinata. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan bahan ajar dari aspek kelayakan isi 86,25%, aspek
kelayakan penyajian 90,00%, aspek penilaian bahasa memperoleh penilaian 93,18% dan aspek penilaian
higher order thinking skills Ilmu Pengetahuan Alam memperoleh penilaian 83,92% dengan kriteria sangat
valid. Keefektifan bahan ajar ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol sebesar 1,6. Berdasarkan perhitungan mean bahwa rata-rata postes kelas eksperimen lebih
tinggi daripada mean postes kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar higher order
thinking skills Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas eksperimen lebih meningkat bila dibandingkan dengan
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada kelas kontrol.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Abdul Halim dkk. (2015). Analysis Of Students’ Errors In Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems For The Topic Of Fraction. Asian Social Science. Vol. 11, No. 21 Hal: 133-142
Ahmadi, A. & Widodo, S. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Akbar,S dan Sriwijaya (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media
Budsankom, Prayoonsri dkk (2015). Factors affecting higher order thinking skills of students: A meta-analytic structural equation modeling study. Academic journals. Vol. 10 (19) 2639-2652
Handayani, H dkk. 2019. RADEC: An Alternative Learning Of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Student Of Elementary School on Water Cycle. URICSE: Journal of physics Conference Series. 1351
Hidayatun, Nunik dan Ika Kartika. 2014. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Starter Experiment Approach (SEA) untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Radiasi vol.4 no.1 pp.86-93
Maryani, Sri dkk. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No 1 25-39
Nurlaela,L dkk. 2018. The effect of thematic learning model, learning style, and reading ability on the students’ learning outcomes. The Consortium of Asia-Pacific Education Universities (CAPEU) IOP Publishing IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 296
Owon, Robertus Adi Sarjono. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbagai Jenis Teks Bertema Kearifan Lokal Sikka Bagi Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol 3 No 1 528-541
Panen, P., & Purwanto. 2004. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
Pratiwi, Widya dan Johar Alimudin. 2019. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Bermuatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Di Sekolah Dasar. Elementary School 6. 27-32
Pratiwi, Widya dan Johar Alimudin. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS) pada Pembelajaran Tema Persatuan dalam Perbedaan. Prosiding seminar nasional Unimus. Vol 1. 531-538
Prihantoro, C. Rudy. 2015. The perspective of curriculum in Indonesia on environmental education. International Journal of Research Studies in Education. Vol 4 No 1 77-83
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman. A., 2011. Membangun Literasi IPA Siswa. Bandung: Humaniora.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Tudor L S. 2013. Primary school skills development through integrated activities. Procedia - Social and Behavioral Sciences 127 pp 722—27
Utaminingsih, Sri .(2018). Penilaian Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS. Universitas Muria Kudus. Halaman 19-20
Yuliati, siti rohmi dan Ika Lestari. 2018. Analisis Higher-Order Thinking Skills (Hots) Siswa Di Indonesia Dalam Memecahkan Pertanyaan Hots Di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol 32 No 2.181-188
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.4087
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.