Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

RESPONS ORANGTUA TERHADAP KEBIJAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI PROVINSI SUMATERA UTARA

Sri Yunita Simanjuntak, Kismartini Kismartini, Rahmat Rafinzar, Satria Adhi Pradana

Abstract


Upaya pemerintah dalam pencegahan penularan Covid-19 pada pendidikan adalah dengan mengeluarkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon orang tua terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh di Provinsi Sumatera Utara. Metode penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner yang dibagikan secara online melalui google form. Responden penelitian ini adalah orangtua di tingkat SD/MI dan SMP/MTs di 6 Kabupaten/Kota mitra Tanoto Foundation di Provinsi Sumatera Utara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif prosentase menggunakan pivoting. Total responden 278 orang yang dimbil secara acak sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sarana komunikasi yang banyak digunakan adalah whatsapp, facebook, masanger, google hangout, zoom, skype, dan google meet ; 99,64% orangtua menyatakan anaknya telah melaksanakan program PJJ; 94% orangtua menyatakan ikut berpartisipasi dalam membimbing anak dirumah; 96% menyatakan telah diberikan petunjuk oleh guru dalam membimbing program PJJ; 65% orangtua menyatakan merasa nyaman dengan kegiatan PJJ; Kendala yang paling banyak dialami yaitu kurang memahami cara mengajar murid, orangtua sibuk bekerja dan murid mulai merasa jenuh.


Keywords


Orangtua, Partisipasi, Pembelajaran Jarak Jauh, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Abidin Z., Rumansyah , Kurniawan A. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 5(1):68

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Pembelajaran Syar’i.7(5):400

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD Terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid-19. KINDERGARTEN. 3(1):56

Darmalaksana, W. Hambali, R.Y. A., Masrur, A., Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa Pandemic Covid-19 Sebgai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah. Uin Sunan Gunung Djati Bandung. 2

Dewi, W. A.Fatma. (2020). Dampak Covid Terhadap Implementasi Pembelajarandaring di Sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1):60

Firman, S. R. Rahman, (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education Science (IJES). 2(2):86

Gunawan, Suranti, N. M. Y., Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, Volume 1(2):69

Hakam, M.T., Levani, Y. Utama, M.R. (2020).Potensi Adiksi Penggunaan Internet Pada Remaja Indonesia Di Periode Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Medical Hangtuah. 17(2):111

Hanany, L. N. H., Robi’in, Sudirman E. Wardiyana, Y. (2020). Pelayanan Perpustakaan Di Masa Pandemi Covid-19. Karya Tulis Ilmiah. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hal. 3

Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary Islamic Teacher Journal. 8(1):205

Hasanah, A., Lestari, A.S., Rahman, A. Y., Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19. Karya Tulis Ilmiah. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hal. 4

Hewi L., L. Asnawati. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1):166

Hikmat , Hermawan E, Aldim , Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring SelamaMasa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19. 5

Jamaluddin, D., Ratnasari. T., Gunawan, H., Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi, Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah LPPK UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hal.2

Khasanah. D.R Uswatun, H. Pramudibyanto ,B. Widuroyekti. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1):43

Kusuma, J. W., Hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Platform Whatsapp Grup dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Imiah Pendidikan Matematika, 5(1):99

Muhdi, Nurkolis. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1):225

Murfi, A. 2020. Kepemimpinan Sekolah dalam Situasi Krisis Covid-19 di Indonesia. Jurnal Manajemen pendidikan Islam. 5(1):153

Nasution, M. Rizky. (2020). Covid-19 Tidak menjadi hambatan Pendidikan di Indonesia? DOI: 10.13140/RG.2.2.28543.36005/1. 6

Nurkholis. (2020). Dampak Pandemi Novel corona Virus Disease (Covid-19) Terhadap Psikologi dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD. 6(1):48

Pakpahan R, Y. Fitriani. (2020). Analisis Pemenfaatan Teknologi Informasi Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corna Covid–19. Journal of Information System Management, Accounting nd Research. 4(2):35

Pratiwi E. Windhiyana. (2020). Dampak Covid Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. 34(1):7

Pribowo, F.S.P. (2020). Persepsi Guru SD Muhammadiyah Terhadap Penggunaan Gawai dalam Pembelajaran di Kelas. Proceding. 219

Purwanto, A. (2020). Studi Ekspolrasi Dampak Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid- 19. Jurnal Of Education, Psicology and Conceling. 2(1):92

Rusdiana, A., Sulhan, M., Arifin, I.Z., Kamludin, U.H., (2020). Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Larning Goofle Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19. Karya Tulis Ilmia. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hal. 4

Satria, L. Miharja. S., Setiana. W., Rahim, A.S. (2020). Optimalisasi Bimbingan Online Dalam Upaya Mencegah Penyebaran Virus Covid-19 (pada Fakultas Dakwa dan Komunikasi, UIN SGD Bandung). Karya Tulis Ilmiah. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Simanjuntak, S. Y. Kismartini, (2020). Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Wahana. 6(3):314

Smith, A. W., & Freedman, D.O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak . Journal of Travel Medicine

Subarto,. (2020). MomentumKeluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19. Buletin ADALAH. 4(1):16

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi A., Listiawati, M. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19.

Surahman, A., Wartono, T., Kristianti, L.S., Putri, L.L, Nuraldi, H.L. (2020). Menumbuhkan Motivasi Bekerja dan Cara Mengatur Keuangan Selama Masa PSBB Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis. 1(2):137

Sriwihajriyah, N., Ruskan, E. L., & Ibrahim, A. (2020). Sistem pembelajaran dengan e-learning untuk persiapan ujian nasional pada SMA Pusri Palembang. Jurnal Sistem Informasi (JSI),4(1), 450–449.

Wirani, N. (2020). Pentingnya Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Hal.23

Zulaini N. N, Mufida N., Nur-Kholis, Muhammad A. Amruloh,. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah Pada Masa Wabah Covid-19. journal of education. 3(1):53




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.4030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.