PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika melalui penerapan model
pembelajaran Talking Stick di Sekolah Dasar dengan materi penjumlahan terhadap siswa kelas 1 SD Negeri
No 9 Bone-Bone Kabupaten Takalar. Desain penelitian ini adalah pra-experiment design dengan jenis one
group pretest-posttest design yaitu sebuah experiment yang dalam pelaksanaannya melibatkan satu kelas
sebagai kelas eksperimen. Adapun cara pengambilan sampel yaitu dengan sampling jenuh. Populasinya
adalah siswa kelas 1 SD Negeri No 9 Bone-Bone Kabupaten Takalar sebanyak 27 siswa.Adapun teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Hasil dalam penelitian menunjukkan
bahwa skor rata-rata hasil belajar matematika materi penjumlahan di kelas 1 SD Negeri No 9 Bon-Bone
Kabupaten Takalar sebelum penerapan model pembelajaran Talking Stick diperoleh hasil 64,81 sedangkan
setelah dilaksanakan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan materi yang
sama di peroleh skor rata-rata 80,74. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa
kelas 1 SD Negeri No 9 Bon-Bone Kabupaten Takalar dengan nilai rata-rata Gain ternomalisasi 0,51
terdapat dalam kategori sedang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andreyani, Y. (2014).Peningkatan Aktivitas
Belajar Peserta Didik Menggunakan
Model Talking Stick IPS Kelas VI di
SD. Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Khatulistiwa. 3(4)
Departemen Pendidikan Nasional,
(2007).Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 41 tahun 2007, tentang
Standar Proses, Jakarta: Depdiknas.
Iwan. (2016). Penerapan model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Talking Stick untuk
Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar
Biologi Siswa pada Materi
Pencemaran Lingkungan XA di SMA
Yapis Manokwari. Jurnal
PancaranPendidikan5(1), 1-12.
Huda, M. (2018). Model-model pembelajaran.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isrok’atun & Amelia, R. (2018). Model-Model
Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT
Bumi Aksara
Mardiana,S. (2015). Pengaruh model
pembelajaran talking stick terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas
VIII Smp Negeri Kendari Pada materilingkaran. Jurnal Pendidikan
Matematika, 3 (3), 125-138.
Permendiknas no.41 tahun 2007 tentang
tujuan pendidikan nasional.
Rahayu, S. (2018). Penerapan Model
Cooperative Learning Tipe Talking Stick
untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa. Pedadidaktika Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 5 (1), 308-318.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori
Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Sugiono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
(2004). Surabaya: Karina.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3303
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.