KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN PROBLEM BASEDLEARNING (PBL) TERHADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keefektifan model Children Learning in Science dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Non-aquivalent Control Grup Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 5 SD Negeri Ngombak 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan SD N Ngombak 2 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengembilan data menggunakan instrumen angket sebanyak 20 pernyataan. Uji normalitas data dilakukan untuk mengetahui normalitas data pada kelas kontrol, kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan masing-masing sebesar Sig. 0.200 > 0.05 maka dapat dikatakan ketiga kelas tersebut berdistribusi normal. Uji Homogenitas (One-way Anova) menunjukan hasil pada kelas eksperimen 1 sebesar Sig.0.385 > 0.05 dan kelas eksperimen 2 sebesar Sig 0,435 > 0.05 maka kedua kelas tersebut bersifat homogen. Teknik analisis data menggunakan Uji t (independent sample t-test) dengan taraf Sig. 0.05. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penggunaan model PBL dan CLIS terhadap berpikir kritis siswa kelas 5 yang ditunjukan hasil Sig. (2-taied) 0.002 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL lebih efektif dibandingkan model CLIS terhadap berpikir kritis siswa kelas 5.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astutik, P. P. (2016). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Higer Order Thinking Skills (Hots) dalam Pembelajaran Tematik SD. Sinergitas Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 343-354.
Fajrian, M. O. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP. UINAR-RANIRY.
Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis . Jakarta: Erlangga.
Indonesia. (2016). Permendikbud No. 57. Jakarta: Kemendikbud.
Indonesia. (2016). Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Mentri Pendidikan .
Nugraheni, S.U (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Media Konkrit dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Tentang Gaya di Kelas V SD. Kalam Cendekia, Vol. 4, No. 5.1, hlm 576-583
Ma’rifah, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswamelalui Model Cooperativetipe Think Pair Sharedalam Pembelajaran PKN Siswa Kelas V SD Negeri 3 Puluhan Trucuk Klaten. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Purwati, R. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. Kadikma, Vol 7 No 1, 84-93.
Rohmatin, D. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Gamatika Vol. V No. I, 1-7.
Rosana, L. N. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 34-44.
Sari, D. D. (2012). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Setiawan, A. R. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Melatih Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi pada Topik Gerak Lurus di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI), 7-13.
Wardani, T.W (2015). Keefektifan Model (CLIS) Children Learning In Science Terhadap Aktifitas dan Hasil Belajar Energi Siswa Kelas III SDN 01 Cikawang. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Widodo, H. (2015). Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Cendekia Vol. 13 No. 2, 294-307.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Khatulistiwa Sintang, 1-17.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.