PENINGKATAN KERJASAMA BELAJAR MELALUI MODEL TEST-TAKING TEAMS BERBANTU MULTIMEDIA POWERPOINT TEMA 8 DI SEKOLAH DASAR

Rahma Nur Izza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama peserta didik pada Tema 8 “Daerah Tempat
Tinggalku” di Kelas IV SDN 02 Bumiayu dengan menggunakan pembelajaran kolaboratif teknik Test-
Taking Teams berbantuan multimedia powerpoint. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Obyek penelitian ini yaitu peserta
didik kelas IV yang berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 23 peserta didik laki-laki dan 13 peserta
didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi instrumen tes dan non-tes.
Hasil observasi pada proses pembelajaran siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa sikap kerjasama
peserta didik mengalami peningkatan, pada sikap kerjasama peserta didik siklus I memperoleh nilai
persentase sebesar 62,1% menjadi 93,05% di akhir siklus II dengan kriteria sangat baik. Persentase
kerjasama peserta didik telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu dengan kriteria
baik dan meningkat.

 

This research aims to enhance the students teamwork in the theme 8 “Area Where I Lived” in class IV Elementary
School 2 Bumiayu using collaborative learning techniques Test-Taking Teams assisted by multimedia Powerpoint. This
type of research is a class action research consisting of 2 cycles and each cycle consists of 2 times meeting. The research
object is class IV students which consists of 36 students consisting of 23 male learners and 13 female learners. The
instruments used in data collection include test and non-test instruments. The results of the observation on cycle I and
cycle II study showed that the cooperation of learners increased, in cooperation cycle I gained a percentage value of
6.21% to 93.05% at the end of cycle II with criteria Excellent. The percentage of student cooperation has reached a
determined success indicator with good criteria and increases.
Keywords: Teamwork; Collaborative Learning; Test-Taking Technique; Powerpoint Multimedia


Keywords


Teamwork; Collaborative Learning; Test-Taking Technique; Powerpoint Multimedia

Full Text:

PDF

References


Barkley, E.E, K. Patricia Cross & Claire Howell Major. (2016). Collaborative Learning Techniques: Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Nusa Media.

Chandra, R. (2015). Collaborative Learning for Educational Achievement. Journal of Research & Method in Education. 5(2): 1-4.

Isjoni & Ismail, M.A. (2008). Model-model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta:PustakaPelajar.

Johnson, E.B. (2011). Contextual Teaching and Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Maharani, Y.S. (2015) Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013. IJCETS. 3 (1): 31-40.

Mujtahidin. (2017). Civic Education di Sekolah. Surabaya: Pustaka Radja.

Noryanti, H. (2014). Efektifitas Media Power Point pada Pembelajaran Bidang Studi Bahasa Indonesia di SDN Ngelang 02 Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Tahun 2014/2015. Jurnal Ilmiah Pendididkan. 2(2): 106-113.

Nurwati, E, Dwi Yulianto & Hadi Susanto. (2012). Peningkatan kerjasama siswa smp melalui penerapan Pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. Unnes Physics Education Journal. 1(1): 1-7.

Pratiwi, D.A & Sudarmaji. (2017). Keefektifan Penggunaan Teknik Test-Taking Teams Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Grabag Magelang. Jurnal Pendidikan Bahasa Jerman. 1(12): 1-12.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagar, Pratibha, & N.N. Pandey. (2014). The Effect of Powerpoint Presentations on Academic Achievement of B.Ed. Teacher Trainees. The Effect Of Powerpoint An International Journal of Education. 4(2): 76-85.

Slameto. (2010).Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto, S. (2014). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Utomo, B.T. (2011). Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Dengan Asesmen Teman Sejawat Pada Mata Pelajaran Matematika SMP. JP3. 1(1): 52-61.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.