PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Dina Dahliana, Nike Sri Setiawati, Taufina Taufina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 10 Lambung Bukit Kecamatan Pauh, Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design dengan rancangan The Static Comparison: Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester II SD Negeri 10 Lambung Bukit Kecamatan Pauh yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 47 orang. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pengujian terhadap data dari kelas sampel yaitu berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan thitung= 2,464 dan ttabel= 1,677 dengan db= 47 (n1+n2–2=24+25-2=47) dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian thitung>ttabel(2,464> 1,677)  maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan kesimpulan  bahwa “hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan saintifik lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 10 Lambung Bukit Kecamatan Pauh”.


Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., Si, M., Setiawan, I. G. A. N., & Si, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wisudawati dan Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.