EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VAK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN RESPON AFEKTIF SISWA PADA PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.26618/xg2n5p24Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran VAK ( Visual, Auditory,
Kinesthetic) terhadap pemahaman konsep dan respon afektif siswa dalam pembelajaran matematika kelas II
SDN Prapag lor 01. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan metode quasi
experimental design, jenis nonequivalent control group design dengan desain pretest – posttest dan kelompok
control. Kelas eksperimen diajrkan menggunakan model VAK, sedangkan kelas control yang menggunakan
metode konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada
pemahaman konsep antara kedua kelas. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung
5,381 > t tabel 2,021, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Untuk respon afektif siswa, diperoleh hasil
signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 3,594 > t tabel 2,021, yang membuktikan bahwa model VAK juga
berpengaruh signifikan terhadap sikap positif siswa. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model
VAK terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep serta membentuk respon afektif positif pada
siswa dalam pembelajaran matematika dibandingkan metode konvesional karena mampu meningkatkan
pemahaman konsep sekaligus membentuk respon afektif yang positif, aktif, dan menyenangkan dalam
pembelajaran.
Kata Kunci: model VAK, Pemahaman konsep, Respon afektif, Matematika.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.