EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VAK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN RESPON AFEKTIF SISWA PADA PEMBELAJARAN

Authors

  • Kurniawati Kurniawati Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
  • Laelia Nurpratiwiningsih Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia
  • Diah Sunarsih Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/xg2n5p24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran VAK ( Visual, Auditory,

Kinesthetic) terhadap pemahaman konsep dan respon afektif siswa dalam pembelajaran matematika kelas II

SDN Prapag lor 01. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan metode quasi

experimental design, jenis nonequivalent control group design dengan desain pretest – posttest dan kelompok

control. Kelas eksperimen diajrkan menggunakan model VAK, sedangkan kelas control yang menggunakan

metode konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada

pemahaman konsep antara kedua kelas. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung

5,381 > t tabel 2,021, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Untuk respon afektif siswa, diperoleh hasil

signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 3,594 > t tabel 2,021, yang membuktikan bahwa model VAK juga

berpengaruh signifikan terhadap sikap positif siswa. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model

VAK terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep serta membentuk respon afektif positif pada

siswa dalam pembelajaran matematika dibandingkan metode konvesional karena mampu meningkatkan

pemahaman konsep sekaligus membentuk respon afektif yang positif, aktif, dan menyenangkan dalam

pembelajaran.

Kata Kunci: model VAK, Pemahaman konsep, Respon afektif, Matematika.

Downloads

Published

2025-09-06

Issue

Section

Articles