PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUANMEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERIPECAHAN

Authors

  • Santi Septiana Putri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Nindy Citroresmi Prihatiningtyas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Resy Nirawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/25pe1q36

Keywords:

Make A Match, media puzzle, pemahaman konsep, matematika, pecahan

Abstract

Model pembelajaran Make A Match merupakan salah satu metode interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, khususnya pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Make A Match berbantuan media puzzle terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Negeri 27 Singkawang. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari 50 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui tes Pre-Test dan Post-Test, serta dianalisis menggunakan uji-t dan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemahaman konsep sebelum dan sesudah penerapan model Make A Match, dengan nilai t hitung sebesar 2,93 yang lebih besar dari t tabel 2,01. Selain itu, hasil Effect Size sebesar 0,83 menunjukkan bahwa model ini memiliki pengaruh besar terhadap pemahaman konsep siswa. Keterlaksanaan pembelajaran juga menunjukkan hasil sangat baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 85%. Dengan demikian, model pembelajaran Make A Match berbantuan media puzzle efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan siswa dan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-09-06

Issue

Section

Articles