PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SANGGAR BIMBINGAN KAMPUNG BHARU MALAYSIA

Tri Inggi Pratiwi, Ismail Saleh Nasution

Abstract


Model pembelajaran Snowball Throwing dalam Bahasa Indonesia, terutama dengan penerapannya, memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai sasaran pendidikan. Pada Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia, proses pembelajaran menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih berada pada level yang belum optimal di manamenyebabkan siswa merasa kurang tertarik dan kehilangan motivasi dalam mengikuti kegiatan belajar. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti menawarkan solusi dengan mengimplementasikan metode pembelajaran Snowball Throwing merupakan salah satu alternatif Sangat penting untuk mengoptimalkanpartisipasi siswa dan mewujudkan suasana pembelajaran yang lebih interaktifsehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif sebagai landasan untuk pengumpulan serta analisis data. Sampel yang dipilihmencakup semua siswa kelas IIIdi Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia, yang terdiri dari 10 siswa. Data didapatkan melalui tes pihan ganda dengan menggunakan instrumen soal yang telah disiapkan sebelumnya. Instrumen ini mencakup berbagai jenis pertanyaan untuk menilai pemahaman dan keterampilan siswa, serta melakukan validitas dan reliabilitas terlebih dahulu, analisis normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Temuan penelitian mengungkapkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model Snowball Throwing, di mana rata-rata nilai siswa menunjukkan peningkatan dari 57 menjadi 88. Metode hal ini memberikan peluang kepada siswa untuk berbicara dan mengungkapkan gagasan mereka, yang memperkaya pengalaman belajar. Jika dibandingkan dengan metode ceramah, Snowball Throwing mampu meningkatkan interaksi, kolaborasi, dan kepercayaan diri siswa

Keywords


Snowball Throwing, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Arsyad & Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Andini, S. R., & Miaz, Y. (2022). The Effect of the Course Review Horay Learning Model on Students’ Motivation and Learning Outcomes. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(4), 79–85. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i4.54423.

Annisa, & T. dan A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Ipa Kelas VI SDN Maccorawalie. Jurnal Pendidikan Ipa Edukimbiosas 1–8. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/edukimbiosis/article/view/3285/1137.

Bukit, S., Ariastika, D., Noviati, Y., & Lubis, Y. (2023). Snowball Throwing Learning Model in Growing Questioning Skills of Elementary School Students: A Review. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 2(4), 343–351. https://doi.org/10.54012/jcell.v2i4.145.

Fadlilah, S., Faturrohman, S., & Mukhlisah, I. (2022), "Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningktkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas III SD Negeri Demakan 02 Tahun Ajaran 2021/2022. modeling: jurnal program studi PGMI 9, 337–354. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1297/755.

Fatimah Azzohra, S., & Darnius, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Energi Kelas IV SD Negeri 22 Banda Aceh. Februari, 9(1), 73–80. https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/download/27441/12878.

Fitrih Amaliah, Rosmini Madeamin, & Basse Syukroni Baso. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD No. 198 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 95–117. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.762

Hery Setiyawan. (2023). Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 53–59. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i3.1950

Inggirina et al., 2025. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pedagogi, 2(1), 1–9. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/3457/1285.

Isma, A (2010).Metode pembelajaran kreatif: pendekatan baru dalam pendidikan. Penerbit pendidikan Nusantara

Khamidah, A., Luthfi, E., Ahsani, F., Islam, A., & Iain, N. (2023). Penerapan Model Snowball Throwing dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V Application of Snowball Throwing Model in an Effort To Increase Student Activeness in Social Studies Class V Kegiatan ekonomi Indonesia merupakan topi. 3(1), 35–43. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia/article/view/1275/922

Mesiono, & Sahana, W. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies.Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 2(April)1–10.

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429.

Mustain Thahir, Arlin Adam, Andi Alim, Suhenrik P, & Andi Asmawati. (2022). The effect of application of the snowball throwing learning model in improving information and communication technology learning outcomes in students. World Journal of Advanced Research and Reviews, 16(2), 109–120. https://doi.org/10.30574/wjarr.2022.16.2.1114.

Nainggolan, R. E., Thesalonika, E., & Simanjuntak, M. M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Indonesia jurnal of Teaching and Learning 3(4), 202–211. https://doi.org/10.56855/intel.v3i4.1205

Nurrasyiida, E., & Setiawan, T. (2023). the Effect of Snowball Throwing Cooperative Learning Model on Thematic Learning Outcomes in Elementary School Students Elisa Nurrasyiida. Eurosia Journal of Social Scieences & Humanities, 10(34), 24–36. https://euroasiajournal.com/index.php/eurssh/article/view/409/325.

Putra, A. T. A., & Sufiani, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pembelajaran PAI di SMPN 23 Konawe Selatan. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 12 (1), 23. https://doi.org/10. 21927/literasi.2021.12(1).23-32.

Sagala, P. R. B., & Hasibuan, L. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1417– 1427. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/7014

Samosir, & Y., Gaol, R. L., Abi, A. R., Muchsin, Simarmata, E. J., & Mahulae, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas IV SD Negeri 6 Onanrunggu Kecamatan Onanrunggu Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaran 2022/2023. Bina Gogik, 10(2), 398. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.789

Siti Aniisaturrahmah, Imas Kania Rahman (2021), Efektivitas Metode Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas IV DI MI LEBAKWANGI, Attadib: Journal of Elementary Education, Vol. 5 (1). https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.924




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v8i1.17777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.