Evaluasi Kemampuan Dasar Pemecahan Masalah Siswa Berdasar Heuristik Krulik-Rudnick Materi Geometri

Tri Suryaningsih

Abstract


Kemampuan Pemecahan Masalah adalah kemampuan untuk mencari penyelesaian dari masalah matematika yang dihadapi dengan menggunakan semua bekal pengetahuan matematika yang dimiliki. Evaluasi ini bertujan untuk mengevaluasi proses kerja siswa SD dalam melaksanakan pemecahan masalah matematika berdasar modifikasi Heuristik model Krulik-Rudnick. Evaluasi ini menggali dan mengelompokkan kesulitan-kesulitan siswa yang dapat dipakai sebagai pijakan dalam mengambil tindak lanjut secara khusus untuk mencapai tujuan kognitifnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk melihat hasil evaluasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengambilan data meggunakan teknik wawancara dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Subyek penelitian 32 siswa kelas VB SD N Ngaliyan 03 Semarang. Evaluasi didasarkan pada indikator-indikator langkah pemecahan masalah berdasar heuristik model Krulik-Rudnick yang dilakukan siswa meliputi: read and think, explore and plan, select a strategy, find an answer, reflect and extend. Data diambil melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 6 siswa (18,75%) berada pada kategori baik, 8 siwa (25%) berada pada kategori cukup, dan 18 siswa (56,2%) berada pada kategori kurang. Siswa pada kategori baik selalu berusaha melaksanakan semua langkah pemecahan masalah, kecuali pada reflect and extend. Siswa dengan kategori cukup menunjukkan hanya sebagian langkah pemecahan masalah yang dilakukan, langkah explore and plan, reflect and extend menjadi kegiatan yang jarang mereka lakukan. Sedangkan siswa dengan kategori kurang menunjukkan bahwa pada semua indikator implementasi pemecahan masalah menunjukkan kualitas yang rendah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i1.1703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.