EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MEDIA UTAGORONG TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SD 2 TENGGELES

Alvina Noor Aini, Ika Ari Pratiwi, Ika Ari Pratiwi, Moh Syafruddin Kuryanto, Moh Syafruddin Kuryanto

Abstract


Penelitian ini menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) berbantuan media UTAGORONG (Ular Tangga Gotong Royong) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD 2 Tenggeles. dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik satu sama lain sehingga peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Media pembelajaran ular tangga merupakan permainan papan dengan menggunakan bidak, dadu, dan papan ular tangga yang dapat dimainkan untuk semua kalangan dan harus dimainkan oleh dua orang atau lebih. Pada penelitian ini akan menggunakan media pembelajaran ular tangga yang memuat materi gotong royong (UTAGORONG). Desain eksperimen pretest-posttest dengan satu kelompok digunakan. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model NHT berbantuan media UTAGORONG berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa (p<0,05) dengan nilai koefisien uji t-test sebesar -16,811.


Keywords


Numbered Head Together (NHT); Media UTAGORONG; Pendidikan Pancasila.

Full Text:

PDF

References


Afisa, Z. R., Fajrie, N., & Pratiwi, I. A. (2023). Pengembangan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Mi Pim Mujahidin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3848–3861.

Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020a). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Ledu. PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020b). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Karangbener Menggunakan Model Think Pairs Share. EduBase: Journal of Basic Education, 1(2), 127–135.

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2008). Teori Belajar & Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar negri bojong 3 pinang.

Mar’ah, U., Ismaya, E. A., & Pratiwi, I. A. (2022). THE APPLICATION OF EDUCATIONAL SNAKE AND LADDERS (ULTRASI) AND SMART CARD LEARNING MEDIA IN INCREASING STUDENT ACTIVENESS. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 8(2), 186–196.

Nisa, S. K., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 211–224.

Piharani, A. A., Aryantii, S. D., & Kuryanto, M. S. (2024). PENGARUH PENINGKATAN HASIL BELAJAR MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ROTAR SD N KALIMULYO 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2139–2147.

Pratiwi, I. A., Kanzunnudin, M., & Rondli, W. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Berbasis Multikultural. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Prizli, M. J., Frima, A., & Firduansyah, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Tasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Rupit. Jurnal Of Elementary School Education, 1(2), 16–23.

Purnaningtyas, A. R. I. D., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA UNOS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 2(2), 15–23.

Puspitasari, N., Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Gobak Sodor dalam Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 10 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(2), 2540–2546.

Rahayu, B. A., & Suryani, E. (2022). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga untuk Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran IPA Kelas 4 SD Negeri Bakalrejo 01. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 14–20.

Rahayu, S., Sahudra, T. M., & ... (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas II SD Negeri Gelung …. Journal of Basic Education …, 5(2), 1626–1638.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Syafria, M. N., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2023). Pengaruh Media Ular Tangga Keberagaman dalam Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3111–3117.

Widiani, N. L. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 537–541.

Yenni, R. F. (2019). Penggunaan Metode Numbered Head Together ( NHT ) Dalam Pembelajaran. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–42.

Zativalen, O., & Humairah, H. (2021). Implementasi metode number head together (NHT) pada pembelajaran tematik. Tanggap: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 74–83.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i2.15680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.