PENDEKATAN PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE FLOOR TIME DI SEKOLAH DASAR KEC.SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO

Amalia Risqi Puspitaningtyas, Vidya Pratiwi

Abstract


Dalam penelitian ini ingin mengetahui dan menjelaskan pendekatan pembelajaran bagi anak autis, karena
dalam menghadapi anak autis di kelas terutama ketidaklancaran terdapat keterbatasan kemampuan
berkomunikasi antara anak autis dan guru serta teman- teman sekelasnya. Autis memiliki gangguan
perkembangan dengan ciri- ciri yang tampak mencakup bahasa, komunikasi dan perilaku
ritualistik/stereotip. Dalam mengatasai keterbatasan kemampuan komunikasi pada anak autis, beberapa
ahli mengembangan pendekatan pembelajaran, salah satunya adalah metode floor time. Dalam metode ini
lebih mengedepankan bermaian yang berlandaskan pada ikatan relasi dan lebih difokuskan pada minat
anak. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualititatif dengan pendekatan metode floor time,
subyek penelitian ini anak autis yang ada di Sekolah dasar yaitu 2 siswa autis di SDN 6 Dawuhan dan 1
siswa autis di SD Muhammadiyah Kabupaten Situbondo.Hasil penelitian pendekatan pembelajaran dengan
metode floor time yang mencakup 5 strategi yang diterapkan oleh guru banyak membuahkan hasil
perkembangan-perkembangan yang di miliki oleh siswa autis.Berdasarkan pada hasil observasi dan
wawancara dengan guru kelas di SDN 6 Dawuhan dan SD Muhammdiyah ditemukan bahwa dalam
penerapan metode floor time kemampuan verbal anak autis meningkat yaitu subjek dalam komunikasi
yang ditandai dengan beberapa perkembangan yaitu yang menitik beratkan dalam interaksi antara subjek
dengan guru dan lingkungann sekitarnya sehingga dalam proses pembelajaran subjek sudah lumayan jelas
dan kemampuan dalam menulis sudah baik hanya saja butuh berualang kali dalam memberikan
pemahaman dan arahan dalam menyelesaikan tugas sekolah, walaupun dalam memahami bahasa tulis
masih memerlukan bimbingan. Tidak hanya guru kelas yeng menerapkan metode tersebut tetapi orang tua
Subjek sudah menerapkan metode floor time yang didalam penerapannya lebih kepada komunikasi dan
interaksi. Hasil dari penerapan metode floor time yang diterapkan oleh orang tua Subjek membuahkan hasil
dalam perkembangan-perkembangan emosi, komunikasi dan interaksi saat berada dirumah.


Keywords


Anak Autis, Metode Floor Time

Full Text:

PDF

References


Burgin, B. (2001). Metodologi Pendidikan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Greenspan, S., Wieder, & Serena. (2010). Enganging Autism: Melangkah Bersama Autisme. Jakarta: Yayasan Ayo Main.

Handojo, Y. (2004). Autism Petunjuk Praktis dan Pedoman Praktis Untuk Mengajar Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. akarta : Buana Ilmu Popular Kelompok Gramedia.

Irwanto, S., & Rudy. (2011). Austime Dari A Sampai Z: Edisi Khusus Majalah AnakSpesial. Jakarta: CV. Anak Spesial Mandiri.

Kurnia, A. (2007). Pengembangan Metode Pembelajaran Anak Autis Dengan Menggunakan Pendekatan Eksploratif. Tidak Dipublikasikan. PKM. Malang: Universitas Negeri Malang.

Maulana, M. (2007). Anak Autis. Yogyakarta: Kata Hati.

Mulyana, D. (2012). Ilmu komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Natawidjaja, R & Alimin Z. (1996), Penelitian Bagi Guru Pendidikan Luar Biasa, Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Nevid, Jeffrey S., Rathus, Spencer A., Greene, & Beverly. (2003). Psikologi Abnormal- EdisiKelima Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Pamuji. (2007). Model Terapi Terpadu Bagi Anak Autis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Santrock, W. John. 1995. Life-Span Developmental: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Stanley I, G. 2006. The Child With Special Needs: Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Yayasan Ayo Main.

Surfas, Sean. 2004. The Developmental, Individual Difference, Relationship Based“DIR” Therapy With Older Students

With Severe Developmental Disabilities including Autism.

Suwarsih Madya, (2006), Teori dan Praktek Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), Bandung, Alfabeta

Soetjiningsih & Ranuh, IG. N Gede. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit

Buku Kedokteran EGC. Yosfan Azwandi. (2005). Mengenal dan Membantu Penyandang Autisme. Jakarta: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.