ANALISIS GAYA BELAJAR DITINJAU HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MATERI BANGUN RUANG
Abstract
Gaya belajar merupakan cara belajar siswa dalam menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi yang diperoleh dari proses pembelajaran. Hasil belajar adalah sejumlah pengalaman yang diperoleh siswa yang mencakup ranah kognitif, yaitu kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan. Dalam proses pembelajaran siswa kelas II SD N Karangrejo 02 terdapat perilaku yang bervariasi, hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas II di SD N Karangrejo 02 mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana macam-macam gaya belajar siswa kelas II SD N Karangrejo 02 terhadapd hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tahap observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa macam-macam gaya belajar siswa kelas 2 di SDN Karangrejo 02 adalah Gaya belajar visual sebanyak 7 siswa dengan persentase 46%, gaya belajar audiotori sebanyak 3 siswa dengan persentase 26%, dan gaya belajar kinestetik sebanyak 5 siswa dengan persentase 28%. Hasil belajar siswa kelas 2 menunjukkan nilai tertinggi diperoleh siswa dengan gaya belajar visual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad. (2020). Gaya Belajar Siswa SMP.
Bandung: Cakra.
WAHYUNI, S. W. S., Basri, M., & Nawir, M.
(2020). Analisis Gaya Belajar Murid
Kelas IV di SDN Bette Kabupaten
Barru. Education and Human
Development Journal, 5(1), 86-90.
Sari, R. D., Saputra, H. J., Kusumaningsih,
W., & Eniwati, C. (2023). Analisis
Gaya Belajar Siswa Kelas 2 Ditinjau
Dari Prestasi Belajar Di SDN Kalicari
Innovative: Journal of Social
Science Research, 3(2), 113-124.
Adiningsih, W., & Kusumaningsih, W.
(2023). Analisis Gaya Belajar Ditinjau
Dari Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada
Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP
Subang , 9 (2), 3814-3822.
Wibowo, N. (2016). Upaya meningkatkan
keaktifan siswa melalui pembelajaran
berbasis gaya belajar di SMK Negeri 1
Saptosari. Elinvo (Elektronik,
Informatika, dan Pendidikan
Kejuruan) , 1 (2), 128-139.
Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar
Siswa untuk Pembelajaran
Berdiferensiasi di SMP Negeri 23
Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat, 1(8), 1913-1922.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i1.14436
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.