Efektifitas Model Creative Problem Solving Dengan Media Teka-Teki Silang Daun Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar
Abstract
Berdasarkan hasil temuan observasi bahwa siswa kesulitan dalam menerima materi pelajaran, khususnya pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dikarenakan kegiatan belajar mengajar tanpa adanya media maupun model pembelajaran, permasalahan ini mengakibatkan kebosanan dan membuat siswa malas untuk belajar. Dengan adanya penggunaan Model Creative Problem Solving dengan Media Teka-Teki Silang Daun, diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga pertemuan, menggunakan instrumen RPP, postest, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan Model Creative Problem Solving dengan Media Teka-Teki Silang Daun terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan jenis-jenis daun memperoleh rerata 82,3% sehingga masuk kategori aktif. Penerapan Model Creative Problem Solving dengan Media Teka-Teki Silang Daun terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan jenis-jenis daun memperoleh rerata 87,32% sehingga masuk kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa yang diajar menggunakan Model Creative Problem Solving dan Media Teka-Teki Silang Daun lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Creative Problem Solving tanpa menggunakan Media Teka-Teki Silang Daun. Hasil belajar siswa menggunakan Model Creative Problem Solving dan Media Teka-Teki Silang Daun lebih baik daripada hasil belajar menggunakan Model Creative Problem Solving tanpa menggunakan Media Teka-Teki Silang Daun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gagne, R. (1972). Learning and individual differences. Learning and individual differences.
Gagné, R. (1970). The conditions of learning. Science, 1(34), 1993. https://doi.org/10.1016/0022-4405(79)90058-X
Permana, E. P., & Imron, I. F. (2016). PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KECAMATAN PRAMBON NGANJUK. EFEKTOR, 1(28), 67–70. https://doi.org/10.29407/e.v3i2.493
Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN DI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85.
Permana, E. P., & Sari, Y. E. P. (2018). Development of Pop Up Book Media Material Distinguishing Characteristics of Healthy and Unfit Environments Class III Students Elementary School. International Journal of Elementary Education, 2(1), 8–14. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE. DOI 10.23887/ijee.v1i1.13127
Richa Safitri Wulandari. (2015). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN CPS (Creative Problem Solving) DENGAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN LOGARITMA KELAS X SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI, 1(1), 1–16.
Sri Sulistyorini, Hardjono, Harmanto, A. E. A. (2015). PELATIHAN PENGEMBANGAN PENILAIAN OTENTIK DAN PENULISAN RAPOR SD KURIKULUM 2013 BAGI GURU-GURU SD DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG. ABDIMAS, 19(1), 57–62.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.