PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATEMATIKA PADA MATERI PENYUSUNAN DATA KELAS IV SD
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul interaktif yang valid, praktis, dan efektif. Dari hasil observasi lapangan, didapatkan data yaitu matematika masih menjadi mata pelajaran yang sulit, susah, dan sukar dipahami oleh sebagian peserta didik, fasilitas teknologi yang sekolah kurang maksimal, belum ada pengembangan e-modul interaktif mata pelajaran matematika pada materi penyusunan data yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dan e-modul interaktif memiliki potensi yang berkelanjutan sebagai alat bantu pendidik dalam meningkatkan mutu dan menuntaskan pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D ( Definisi, Desain, Pengembangan, dan Diseminasi).). Berdasarkan hasil penelitian kevalidan menurut ketiga validator diperoleh skor 86,8 % kategori sangat valid. Pengembangan e-modul interaktif juga dinyatakan sangat praktis melalui penilaian angket respon peserta didik memperoleh skor 84,8% dan hasil penilaian dari angket respon pendidik skor yang diperoleh 91,6%. Pengembangan e-modul interaktif dinyatakan efektif yang diperoleh skor 79,3% kategori efektif. Dapat diartikan bahwa pengembangan e-modul interaktif dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika terutama pada materi penyusunan data kelas IV SD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alyusfitri, Rieke dkk. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Contektual Teaching and Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Ruang. jurnal cendikia : jurnal pendidikan matematika, 302-312.
Ernawati, dkk. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Fitra, J., & Maksum,. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran.
Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusun E-Modul Pembelajaran. jakarta:Direktorat Pembinaan SMA.
Kemendikburistek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta : BN.22/No.383, https://jdih.kemendikbud,co.id.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Kusumaningpuri, R.A., dkk. (2022). Analisis Kesulitan Matematika Pokok Bahasan Statistika pada Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu, 6(1). 933-942.
Minsih, dkk. (2020). Pembelajaran Bagi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Dwija Cendikia; Jurnal Riset Pedagogik, 133-141
Mulyasa, H.E. (2020). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta : Bumi Aksara
Mutia & Pritasari. (2022). pengembangan E-modul Interaktif IPA dasar sebagai media pembelajaran. Al-Azakiya : Jurnal ilmiah pendidikan MI/SD, 184-193.
Najuah, Lukitoyo, P.S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Netofa, N.P.D.Z & Japa, I.G.N. (2022). E-Modul Pembelajaran Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(3), 576-584.
Puspitadewi, N.L.G.C & Japa, I.G.N. (2022). E-Modul Interaktif Pada Materi Bangun Datar Kelas III di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(2), 320-328.
Putri, A.V.E., Keminah, & Sutriyani, W. (2022). Peran Media Interaktif pada Materi Matematika SD Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Cartsius : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 36-45.
Putri, N.K.R.C., Magusnayasa, I.G., & Yudiana, K. (2021). E-Modul Interaktif pada muatan IPA Subtema 1 Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 175-182.
Rohmah, F., Amir.Z., & Zulhidah. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Volume Bangun Ruang SD/MI. Jurnal Basicedu, 6(2), 1947-1958.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian pendidikan. bandung: alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian & pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Susanti, E.D & Sholihah, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF Corporate Pada Materi Luas dan Volume Bola. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 37-46.
Suryanti, S., Rohana & Fakhrudin, A. (2021). Development Of Indonesia Realistic Mathematics Education-Based Digital Module On Mathematics In Elementary School. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 51-59.
Utomo, D. P. (2020). Mengembangkan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Bildung.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i2.11749
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.