HUBUNGAN PENGGUNAAN LITERASI DIGITAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN

Putri Agus Wulandari, Kabib Sholeh, Sylvia Lara Syaflin

Abstract


 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Literasi Digital Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Muara Sugihan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V (Lima) di SD Negeri 3 Muara Sugihan dan SD Negeri 12 Muara Sugihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Korelasi. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V (Lima) SD Negeri 3 Muara Sugihan sebanyak 31 siswa dan siswa kelas V (Lima) B SD Negeri 12 Muara Sugihan sebanyak 25 siswa. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket secara lamgsung kepada siswa SD Negeri 3 Muara Sugihan dan SD Negeri 12 Muara Sugihan. Teknik analisis data yang digunakan adalah koefisien korelasi dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara penggunaan literasi digital dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Muara Sugihan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi (r)= -0,105 dimana nilai tersebut menjelaskan adanya hubungan negatif lemah antara literasi digital dan hasil belajar siswa kelas V (Lima) pada SD Negeri 3 Muara Sugihan. Selanjutnya pada SD Negeri 12 Muara Sugihan diperoleh nilai koefisien korelasi  (r)= 0,004 yang dimana nilai tersebut menunjukan adanya hubungan positif lemah antara literasi digital dan hasil belajar siswa kelas V (Lima) B.


Full Text:

PDF

References


Anadia, P., Syaflin, S. L., & Hermansah, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 12-20.

Arima, M. D. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Jurnal Pendas Mahakam, Vol 6 (2).

Astuti, F., Idris, M., & Sholeh, K. (2021). Minat Siswa Terhadap Sejarah dan Budaya Palembang di SMA Negeri 15 Palembang. Penerbit Lakeisha.

Dumaris, E. d. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan. Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Ginanjar, A. (2019). Implementasi Literasi Digital Dalam Proses Pembelajaran Ips di SMP Al-Azhar 29 Semarang. Jurnal Pendas Mahakam, Vol 6 (2).

Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget. Jurnal Dialektika, Vol 5 No 1.

Nurhasanah, S. &. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol 1 No 1.

Pratiwi, N. N. (2017). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak dan Remaja. Jurnal Ilmiah, Vol 6 No 1.

Salehudin, M. (2020). Jurnal Ilmiah Potensia,5(2),106-115.https://doi.org/10.33369/jip.5.2. 106-115. Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini.

Shafie, .., Majid, A., & Ismail, S. (2019). Jurnal ERIC,4(1),24-33. Technological Pedagogical Content Knowledge(TPACK) in Teaching 21st Century Skill in The 21st Century Classroom.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Ursula, N., Nelly , W., & Yasinta, L. (2022). Hubungan Literasi Teknologi Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri 20 Bancoh. Journal Of Educational Learning and Innovation, Vol 2 Number 2.

Yanti, U. N. (2022). Hubungan Literasi Teknologi dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Negeri 30 Bancoh. Journal of Education Learning and Innovation, Vol 2 No 2.

Yulianti, R. (2019). Model Kepengawasan Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Teknologi Guru SMP Negeri 43 Bandung. Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 4 No. 2.

Yunus, A., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i2.11334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.