PROSES PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN KONSEP STIFIn DI SD UNGGULAN USWATUN HASANAH CILEGON

Fairuz Hasna Safinatun Najah, Encep Andriana, Reksa Adya Pribadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemanfaatan tes STIFIn dalam upaya pengembangan potensi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dasar pelaksanaan dan penggunaan STIFIn di SD Unggulan Uswatun Hasanah Cilegon, menganalisis tindak lanjut dan pengembangan potensi setelah dilaksanakannya tes STIFIn di SD Unggulan Uswatun Hasanah Cilegon, serta menganalisis karakteristik dan keterampilan peserta didik di SD Unggulan  Uswatun Hasanah Cilegon setelah diterapkannya konsep STIFIn. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Guru Bidang Kurikulum, Guru Kelas VI, IV, dan II, serta 10 peserta didik dari kelas IV dan II. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan STIFIn sebagai langkah awal pendidik mengidentifikasi potensi genetik setiap peserta didiknya. Kemudian memberikan gambaran mengenai karakter yang perlu mendapatkan perhatian secara khusus untuk dikembangkan. Pendidik juga dapat menentukan metode yang digunakan untuk mendidik. Sekolah berusaha mengasah dan mengembangkan keterampilan peserta didik berdasarkan hasil STIFIn yang dimiliki dengan menyediakan berbagai kegiatan yang dibutuhkan peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.


Keywords


Pengembangan Potensi Peserta Didik, Penerapan Konsep STIFIn, STIFIn

Full Text:

PDF

References


Al Amamu, Dinda Agnesia. (2019). Implementasi Model Pembelajaran STIFIn Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sekolah Islam Ibnu Hajar Bogor. Skripsi. Fakultas Tarbiyah, Institut Ilmu Al-Qur’an: Jakarta. Diunduh dari Google Chrome pada tanggal 7 Mei 2022.

Alindra, Afridha Laily. (2018). Kajian Aksiologi Metode STIFIn dalam Pemetaan Mesin Kecerdasan Manusia. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, Vol 10, No 2, 64-73.

Amaliyah, Aam dan Azwar Rahma. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Journal of Elementary Education, Vol 5, No 1, 28-34.

Ayu, Lestari Ratu. (2021). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Konsep STIFIn Learning Pada Jenjang SMP dan SMA di kota Makassar. Jurnal Pendidikan Matematika, ISSN: 2745-827X, 56-59

Gaol, Nasib T.L. dan Paningkat Siburian. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol 5, No 1, 70

Ismail. (2019). Guru Kreatif; Suatu Tinjauan Teoritis, Jurnal Kajian Islam & Pendidikan. Vol 11, No 2, 27

Masni, H. (2018). Urgensi Pendidikan dalam Mengembangkan Potensi Diri Anak. Jurnal Ilmiah Dikdaya, Vol 8 (2), 275-286.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Munawaroh, Isniatun. (2021). Modul Pendidikan Profesi Guru: Modul 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidikan

Nistiningtyas. (2013). Penggunaan Hasil Tes STIFIn dalam Mencapai Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tarikh di Kelas VIII SMP Islam Terpadu Al- Amri Probolinggo. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: Surabaya.

Paramita, dkk. (2022). Pendampingan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran SMP Istiqomah Sambas Purbalingga. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, Vol 9, No 1,122

Pasmawati, Hermi. (2019). Bimbingan Karir Farid Poniman dan Relevansinya dengan Konsep Islam: Telaah STIFIn Test. Jurnal Ilmiah Syiar, Vol 19, No 02, 187-188.

Poniman, Farid. (2013). Penjelasan Hasil Tes STIFIn “ini gue banget”. Bekasi: Yayasan STIFIn

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Juantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahyudi, Bambang. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Sulita




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i2.11239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.