Pengembangan Modul Fisika Kesehatan Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi melalui Model Pembelajaran Langsung di SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar

Dewi Hikmah Marisda

Abstract


Pengembangan Modul Fisika Kesehatan Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi melalui Model Pembelajaran Langsung di SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development), di mana produk yang diinginkan adalah modul fisika kesehatan yang valid dan layak digunakan. Pengembangan modul ini mengacu pada model pengembangan four-D (model 4-D) yang telah diadaptasi terdiri dari tahap (1) pendefenisian, (2) perancangan, dan (3) pengembangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Setelah dilakukan validasi dan uji coba, maka modul fisika kesehatan tersebut dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Uji coba modul pembelajaran fisika kesehatan dilaksanakan pada peserta didik kelas XI.A. Kebidanan SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa modul pembelajaran fisika kesehatan dinyatakan valid dan reliabel. Respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika kesehatan yang berorientasi modul pembelajaran langsung ini secara keseluruhan memberikan respon positif. Untuk tes hasil belajaranya 9% peserta didik berada pada kategori sangat baik, 77,3% peserta didik berada pada kategori baik, dan 13,6% berada pada kategori cukup. Secara keseluruhan ada 86,3% peserta didik telah mengalami ketuntasan belajar klasikal.

Kata kunci: Pembelajaran langsung, Modul pembelajaran, fisika kesehatan, SMK Kesehatan

This research  is a research and development that expected product is a valid and feasible learning module. The development of the learning module based on the adaptation of development model four-D (4-D) which consisted of steps: (1) definition, (2) planning, (3) development. This research was analyzed by descriptive analysis. After conducting test and validation, the learning module was declared valid and reliable thereby feasible to be used in physics learning. The testing of the learning module was conducted the students of class XI.A Nursing Midwifery of SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar. The result of the study based on the data analyzed was declared valid and reliable. The students response toward to the health physics learning module which oriented on direct instruction model gave positive response. For the best of learning outcome, 9% students were in excellent category, 77,3% were in good category, and 13,6% were in moderate category. Overall, there was 86,3% students experienced the classical learning completeness.

Key words: direct learning, learning module, healthy physics, healthy senior high school



Full Text:

PDF

References


Anderson, 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen, Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Armawan, Dafid. 2011. Belajar Tuntas (Mastery Learning) sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa kelas XI-2 Jurusan TKR SMKN 1 Seyegan. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.

Apryanti, Stevani. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi di SMK. Artikel Penelitian. Tidak diterbitkan. Pontianak: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN.

Baharuddin. 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Chodijah, Siti. Fauzi, Ahmad & Wulan, Ratna. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JPPF), 1 (2012), 1-19.

Erwinsyah, Alfian. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logik Peserta Didik. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Haryadi. 2003. Hubungan Intensitas Mendengarkan Ceramah. Pemahaman Buku Teks dan Partisipasi Berorganisasi dengan Retorika. Jurnal Kependidikan Nomor 2 Tahun XXXIII, November 2003, Halaman: 161-184.

Hasin, Ardiansah. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Kardi, S. & Nur, M. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: Unesa-University Press.

Lanang, I Gusti. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media VCD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Atletik I. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 2(1), 35-52

Muchayat. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Strategi Ideal Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter. Jurnal PP, 1 (2), 202.

Nasir, Muhammad._______. Buku Ajar Strategi Pembelajaran Fisika. Tidak

diterbitkan. Makassar: Pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassar.

13. Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Ringkasan Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Tidak diterbitkan. Jakarta.

Reigeluth, Charles M & Stern, F. S. 1982. The Elaboration Theory of Instruction. Instructional Design Theories and Models An Overvie of Their Curent Status Edited by Charles M. Reigeluth. Hillsdale; New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Riduwan, 2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Salam, Sofyan & Bangkona, Deri. 2012. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sartika Asrul Batiran, Dewi. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Multirepresentatif dalam Mereduksi Kesalahan Pra Konsepsi Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Majene. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Tawil, Muhammad. 2011. Model Pembelajaran Sains Berbasis Portofolio disertai dengan Assesmen. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Tawil, Muhammad. 2007. Pengembangan Assesmen Portofolio untuk Mengases Kompetensi Fisika SMA Topik Suhu dan Kalor. Tesis. Tidak diterbitkan. Semarang: UNESA.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

______, 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trisnaningsih. 2007. Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Demografi Teknik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4 (2), 2.

Wilis Dahar, Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i3.325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.