Penerapan Metode Pembelajaran Edutainment (Education Entertainment) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas X.6 SMA Negeri 16 Makassar

Sasmita Tajuddin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain one-shot case study yang bertujuan: 1. Untuk mengetahui besarnya pencapaian hasil belajar Fisika peserta didik pada kelas X.6 SMA Negeri 16 Makassar Tahun Ajaran 2013/2014 setelah diajar melalui metode pembelajaran Edutainment. 2. Untuk mengetahui hasil belajar fisika kelas X.6 SMA Negeri 16 Makassar Tahun Ajaran 2013/2014 memenuhi standar KKM setelah diajar melalui metode pembelajaran Edutainment. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X.6 SMA Negeri 16 Makassar yang terdiri dari 9 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah X.6 yang diperoleh dari acak kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 30 item dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi oleh dua orang validator, dan diuji coba pada kelas X.9 untuk mengetahui validitas tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Dari analisis deskriptif hasil belajar Fisika peserta didik kelas X.6 SMA Negeri 16 Makassar setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Edutainment diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,50 yang berarti berada pada kategori tinggi. Sedangkan analisis inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar Fisika peserta didik kelas X.6 SMA Negeri 16 Makassar Tahun Ajaran 2013/2014 telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan.

Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Edutainment

This research is a pre-experimental design with one-shot case study aims: 1. To determine the learning achievement of students in the physics class SMA Negeri 16 Makassar X.6 Academic Year 2013/2014 after being taught through learning methods Edutainment. 2. To determine the results of learning physics class SMA Negeri 16 Makassar X.6 Academic Year 2013/2014 meets the standards KKM after being taught through learning methods Edutainment. Subjects in this study population was all students X.6 class SMA Negeri 16 Makassar consisting of nine classes, while samples in this study were obtained from a random X.6 class. The data collection technique used is the achievement test consisting of 30 multiple choice items that have been validated by two validators, and tested in the classroom X.9 to determine the validity of the test. Data were analyzed using descriptive and inferential analysis techniques. From the descriptive analysis of learning outcomes learners Physics X.6 class SMA Negeri 16 Makassar after being taught by using learning methods Edutainment obtained an average value of 78.50, which means at the high category. While inferential analysis showed that the learning outcomes of learners Physics X.6 class SMA Negeri 16 Makassar Academic Year 2013/2014 has met the minimum completeness criteria that have been set.

Keywords: Learning Outcomes, Edutainment Learning Methods


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2009.Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Deporter, Bobby, dkk. 2012. Quantum Teaching : Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang- Ruang Kelas. Bandung: Kaifa

Hamid, Moh. Sholeh. 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: DIVA Press

Hastuti,Sri. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama

Subana dan Sudrajat. 2009. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Jakarta: Balai Pustaka

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Penerbit PT. Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Cetakan ke XVIII. Bandung: Alfabeta

Susanto.2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v2i1.217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View JPF Stats

   Free counters!

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015) Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.