The Effect of Brainstorming Method toward the Students' Divergent Thinking Skill at SMA Negeri 9 Makassar

Andi Supardin Gading

Abstract


The research aimed to develop divergent thinking ability to the students in physics subject before learning by using brainstorming method and it can participate in problem solving in divergent thinking after learning by using the brainstorming method. The research was Pre-experimental research with independent variable physics learning with brainstorming method and independent variable about divergent thingking ability. The research design was Pre-experiment one group pretest-past test design based on the result was given to the students in the last lesson with brainstorming method. The result of quantitative descriptive analysis were obtained for physics learning outcomes the test score at nine state senior high school students toward the concept of learning. Was taught by brainstorming divergent thinking method for four meetings during learning process. The result was gotten during first phase in four meetings. It can be sea that there were an increase in physics learning obtaining from the students. It was clearly seen the average score obtained by the students in the second meetings with 22.11 and there were improving in the third meeting with 37.05 and the fourth meeting with 61.74. The second phase, that show an increase in students physics learning outcome and increasing the activity of students. It can see that scores were collected during the second meeting with 62.33 average, in the third meeting 71,67 average score and the fourth meeting 76.62 average. Based on the physics learning test result obtained the percentage of learning completeness 9,79%. It can be seen that compared the percentage completeness of learning before being gave an action, it is 17,14% it will decrease because in first phase, there was not students hand book and there was not task during learning process and the implementation in the first phase and the second cycle, there was an increased in physics learning outcomes to the students which was seen from the percentage of learning completeness 68,29%, it showed that giving the Brainstorming Method at the beginning of each lesson that was used to improve the learning outcomes of physics to the students.

Keywords: Brainstorming Method, Divergent Thinking, Student

Penelitian ini bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir divergen peserta didik pada mata pelajaran fisika sebelum pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming dan dapat berpartisipasi dalam pemecahan masalah dalam berpikir divergen setelah pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming. Penelitian merupakan penelitian pra-eksperimen dengan variabel bebas yaitu pembelajaran fisika dengan metode Brainstorming dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir divergen. Desain penelitian adalah pra-eksperimen “The one group pretest-posttest design”. Berdasarkan hasil tes yang diberikan kepada peserta didik pada akhir pembelajaran dengan metode Brainstorming, maka diperoleh hasil analisis deskriptif kuantitatif untuk skor tes hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 9 Makassar terhadap konsep pengukuran yang diajarkan dengan metode Brainstorming berpikir divergen selama 4 kali pertemuan pada proses pembelajaran. Dari hasil yang diperoleh selama fase I berlangsung yaitu sebanyak empat kali pertemuan maka dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar fisika yang diperoleh dari peserta didik, ini terlihat jelas rata-rata skor yang diperoleh peserta didik pada pertemuan kedua sebesar 22.11 dan meningkat pada pertemuan ketiga sebesar 37.05  dan pertemuan keempat sebesar 61.74. pada fase II ini terlihat peningkatan hasil belajar fisika peserta didik serta keaktifan peserta didik menjadi meningkat. Dan ini terlihat skor yang dikumpulkan selama fase II berlangsung, pertemuan pertemuan kedua skor rata-ratanya 62.33, pertemuan ketiga skor rata-ratanya sebesar 71.67 dan pada pertemuan keempat skor rata-ratanya sebesar 76.62. Berdasarkan tes hasil belajar fisika diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 9,79% maka terlihat bahwa apabila dibandingkan dengan persentase ketuntasan belajar sebelum diberikan tindakan yaitu 17.14% akan mengalami penurunan hal ini disebabkan karena pada fase I tidak adanya buku pegangan untuk peserta didik dan tidak adanya tugas yang diberikan dalam proses pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran pada fase I dan pada siklus II terjadi peningkatan pada hasil belajar fisika pada peserta didik yang terlihat dari persentase ketuntasan belajar sebesar 68.29%. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian metode Brainstorming  pada setiap awal pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada peserta didik

Kata kunci: Metode Brainstorming, Berpikir Divergen, Peserta Didik


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2008. Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar. Bina Aksara: Jakarta.

Badudu. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Depdikbud. 2005. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarata: Direktorat pendidikan Lanjutan Pertama.

Dimyati & Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

S. C. U. Munandar. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. PT Gramedia: Jakarta.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Suara: Bandung.

Sudjana, 1992, Metode Statistika, Tarsito: Bandung.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta: Bandung.

Uzer Usman, Muhammad. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya: Jakarta.

Zuriah,Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Social dan Pendidikan, Bumi Aksara: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v7i1.1675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.