ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGEMBANGKAN KNOWLEDGE, ATTITUDE, SKILL DAN VALUES DI SD LABSCHOOL

Fadhilah Salsabila Riadi, Delia Maharani, Geovani Sabarhita Nimaisa, Syifaun Nafisah, Tuti Istianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Social (IPS) dalam mengembangkan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), sikap (attitude), dan nilai (values). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Adapun kajian yang digunakan adalah hasil wawancara dan observasi. Peneliti juga menggunakan penelitian yang relevan dari situs web, diantaranya Sinta, DOAJ, dan Google Schoolar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan knowledge, skill, attitude dan vanue sudah dikembangkan pada siswa kelas VI SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru. Hal ini dilihat dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru serta siswa kelas VI SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru.


Keywords


Pembelajaran IPS, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Azizah, A. A. M. (2021). Analisis Pembelajaran Ips Di Sd/Mi Dalam Kurikulum 2013. JMIE (Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 1–14.

Bintang, H., Darnah, E., Masta, N., Rinaldi, Guswantoro, T., & Sianturi, M. (2020). Analisis Pengetahuan Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Integrasi Flipped Classroom dan PBL. Physics Education Research Journal, 2(2), 105–122. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6208

Budiyono, F. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN gapura timur I sumenep. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 60–67.

Dahniar, A. (2019). MEMAHAMI PEMBENTUKAN SIKAP (ATTITUDE) DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN. Tatar Pasundan, 13(2), 202–206.

Dhany, C. T. (2012). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI GENTAN (p. 10). UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Fanny, A. M. (2019). Implementasi pembelajaran berbasis hots dalam meningkatkan kemampuan analisis mata kuliah pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 44–52.

Azizah, A. A. M. (2021). Analisis Pembelajaran Ips Di Sd/Mi Dalam Kurikulum 2013. JMIE (Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 1–14.

Bintang, H., Darnah, E., Masta, N., Rinaldi, Guswantoro, T., & Sianturi, M. (2020). Analisis Pengetahuan Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Integrasi Flipped Classroom dan PBL. Physics Education Research Journal, 2(2), 105–122. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6208

Budiyono, F. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN gapura timur I sumenep. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 60–67.

Dahniar, A. (2019). MEMAHAMI PEMBENTUKAN SIKAP (ATTITUDE) DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN. Tatar Pasundan, 13(2), 202–206.

Dhany, C. T. (2012). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI GENTAN (p. 10). UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Fanny, A. M. (2019). Implementasi pembelajaran berbasis hots dalam meningkatkan kemampuan analisis mata kuliah pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 44–52.

Firiyah, Z. (2019). Pengaruh Etika Jawa Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ilmi Bategede Jepara Tahun Pelajar 2018/2019 dilihat dari Perspektif Religiusitas. IAIN KUDUS.

Juanengsih, N., Purnamasari, L., & Muslim, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pengetahuan Prosedural Siswa Pada Konsep Eubacteria. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 23–28.

Maryani, E. (2010). MODEL PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA DALAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Geografi Gea, 10(01).

Munir, A., Suwendi, & SB, M. (2005). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Novika Pertiwi, F. (2021). Dimensi Pengetahuan FKPM (Faktual, Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif) Mahasiswa IPA pada Pembelajaran Mekanika. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(1), 111–124. https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i1.146

Oktaviyanti, I., Sutarto, J., & Atmaja, H. T. (2016). Implementasi nilai-nilai sosial dalam membentuk perilaku sosial siswa sd. Journal of Primary Education, 5(2), 113–119.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705.

Rafikul, A. A. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI IPS KELAS VI SDN 1 MASBAGIK SELATAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Universitas Hamzanwadi.

Rahmaniah, A. (2012). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAAN SOSIAL PADA PENDIDIKAN DASAR. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 3.

Rahmawati, N. (2016). Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Melalui Penggunaan Media Compact Disc Interaktif Dalam Proses Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Sayidan Kota Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015-2016. Universitas PGRI Yogyakarta.

Ratnawati, E. (2013). PENTINGNYA PEMBELAJARAN IPS TERPADU. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 2(1).

Rizaluddin, R. (2021). Peran Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(1), 28–34.

Rufaida, H. (2017). Menumbuhkan sikap multikultural melalui internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 14-24. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 14–24.

Sasmita, R., Murnivianti, L., & Novianti. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 2 TANJUNG AGUNG TIMUR. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 6(2), 48–57.

Solihat, N., Juwaedah, A., & Rahmawati, Y. N. (2018). Kompetensi Pengetahuan ‘Metode Pembelajaran’ Sebagai Kesiapan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan Gizi Dan Kuliner, 7(1).

Susilowati, A. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar : Studi pada SD Muhammadiyah Kota Bangun , Kutai Kartanegara. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(1), 31–43.

Vliet, E. A. van, Winnips, J. ., & Brouwer, N. (2015). Flipped_Class Pedagogy Enhances Student Metacognition and Collaborative-Learning Strategies in Higher Education But Effect Does Not Persist. CBE Life Sciences Education, 14(3). https://doi.org/10.1187/cbe.14-09-0141

Widyanti, T. (2015). Widyanti, T. (2015). Penerapan nilai-nilai kearifan lokal dalam budaya masyarakat kampung adat Cireundeu sebagai sumber pembelajaran IPS. 24(2), 157-162. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 157–162.

Yuliati, I. K. (2009). Penanaman sikap dan nilai pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fadhilah Salsabila Riadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.