Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan kompetensi guru terutama pada aspek kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran kompetensi pedagogik guru di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar, (2) mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar, dan (3) menjelaskan pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Survey yang bersifat verifikatif (penelitian penjelasan) atau comfirmation research. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV, V, dan VI SD Inpres Gugus IV Kecamatan Tallo Kota Makassar tahun pelajaran 2015/2016 yang diambil dengan menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan Angket, Wawancara, Dokumentasi, dan tes hasil belajar IPS kelas IV, V, dan VI. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar memiliki: kompetensi pedagogik dengan kategori tinggi; (2) Rata-rata hasil belajar mata pelajaran IPS siswa berada pada kategori sedang; (3) Kompetensi pedagogik berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (4) Besar pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar siswa yaitu 22,2 %.
References
Agung, Lilik. 2007.Human Capital Competencies. Jakarta: Elex Media Komputindo
Ahmad Barokah. 2013. Macam-macam Motivasi. (online), (http://ahmadbarokah05.blogspot.com/2012/10/teori-dan-macam-macam-motivasi.html) diakses 23 April 2015
Arif Irma Ariyanti. 2013. Analisis kompetensi guru di SMK Negeri 1 Watampone. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Hasanuddin
Chatib Munif. 2010. GurunyaManusia. Jakarta: Kaifa Learning
Depdiknas.(2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sintem Pendidikan Nasional.Jakarta: Depdagri
Depdiknas. 2006. Rencana Strategis Depdiknas Menuju Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang. Jakarta: Depdiknas RI
Dian Maya Shofian. 2008. Hubungan kompetensi profesional dengan prestasi belajar siswa di MTS Al- Jamiah. Skripsi. Tidak diterbitkan. Malang: UMM
Dimyati&Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajarn. Jakarta: RinekaCipta.
Gunawan, R.2011. Pendidikan IPS Filosofis, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Alfabeta.
Kunandar.2013. Penelitian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta: PT Grafindo Persada.
Lusia, Evanita, Eka . 2013. Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kesiapan Guru Sekolah Menengah Atas dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013.Skripsi. Tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Maszhidai. 2013. Pengertian Angket. (online),(http://maszhiday.blogspot.com/2013/04/pengertian-angket-kuesionare.html) diakses 24 April 2015
Morissan. 2014. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Mulyasa.2005. Kinerja Guru dalam Dunia Pendidikan.Jakarta: Grasindo.
Mulyasa, 2013.Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang : standar nasional pendidikan.
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.2012. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi.Makassar: Badan Penerbit UNM.
Sardiman. 2004. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali
Sardiyo.,Didih.S., &Ischak. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana, 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: sinar baru.
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompotensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, A. 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyanto dan Djihad Asep. 2012. Bagaimana menjadi calon guru dan guru profesional. Yogyakarta: Multipressindo
Trianto.2007. Model- Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru danDosen
Uno, Hamzah. 2010. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i1.954
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Rubianto Rubianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.