Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Murid Kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Kabupaten Bantaeng.

Syekh Adiwijaya Latief, Sab’ina Tis’a MS

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada murid kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan model pembelajaran picture and picture pada murid kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Kabupaten Bantaeng.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Kabupaten Bantaeng sebanyak 24 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama yang tuntas secara individual dari 24 siswa hanya 5 murid 20,83% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori sangat rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 58,59%. Sedangkan pada siklus kedua dimana dari 24 murid secara keseluruhan telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 76,75% atau berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan Keterampilan Berbicara murid kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Kabupaen Bantaeng melalui penerapan model pembelajaran picture and picture  mengalami peningkatan.

Full Text:

PDF

References


Asdam. 2008. Bahasa Indonesia Pengantar sukses di perguruan Tinggi. Makassar: P3A1

Chaniago, Amran YS. 2002. Kamus Lengkap bahasa Indonesia. Bandung: CV PUSTAKA SETIA

Depdikbud. 1984. Strategi meningkatkan kemampuan berbicara. Di muat dari http://bintangkecildelapan.blogspot.com/2012/03/strategi-meningkatkan-kemampuan.html

Hambali. 2007. Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Tinggi Sekolah dasar . Makassar: Unismuh

kemmis, (1992). Dalam jamal Ma’mur Asmani. 2011. Penelitian tindakan Kelas. Yogyakarta: Laksana.

Mustika Dahlan. 2011. Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada murid kelas IV SDN Inpres Su’rulangi Kabupaten Takalar. Skripsi. Unismuh.

Nanang, Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Pustaka. Bandung : PT Refika Aditama.

Saddhono, Kundharu- Slamet, St.Y. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikas). Bandung: Karya Putra Darwati.

Suaidin. (2010). Dalam jamal Ma’mur Asmani. 2011. Penelitian tindakan Kelas. Yogyakarta: Laksana.

Suparman. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Suriana Sudirman. 2011. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Pada Aspek Berbicara Pada Murid Kelas II To Iporannu Kec. Somba Opu Kab. Gowa. Skripsi. Unismuh.

Syarifa Marhaeni. 2010. meningkatkan kemampuan berbicara murid kelas III SD Inpres Pallangga melalui penggunaan media gambar seri. Skripsi. Unismuh.

Tarigan, Henry Guntur . 1979. . Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarman S, Amier. 2011. Materi Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Tinggi Sekolah dasar. Makassar: Unismuh.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v1i1.950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Syekh Adiwijaya Latief, Sab’ina Tis’a MS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.