KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DAN OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SD INP BANGKALA 2 KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pendekatan problem Solving lebih efektif daripada Pendekatan open ended dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD INP Bangkala 2 Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen I menggunakan problem Solving, dan kelas eksprimen II menggunakan Pendekatan open ended. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data siswa diambil berdasarkan prestasi belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving dan pendekatan Open Ended dalam pelajaran IPA terlaksana dengan baik. (2) penerapan Pendekatan Problem Solving dan pendekatan Open Ended dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD INP Bangkala 2 Kota Makassar. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan dengan uji-t menunjukan Pendekatan Problem Solving lebih efektif dari pada pendekatan Open Ended dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD INP Bangkala 2 Kota Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara
Hafid, Abd dan Asmah. 2010. Pendidikan IPA II. Watampone: Universitas Negeri Makassar
Hamiyah, N & Jauhar, M. 2014. Strategi Belajar mengajar di kelas. Jakarta. Prestasi Pustaka Raya
Jamaluddin , Wahidah. 2010. Komparasi Pendekatan Problem Solving terhadap hasil belajar dan kreatifitas siswa (Tesis). Pps Universitas Negeri Makassar
Kurinasih,Imas dan Sani, Berlin. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo
Permendikbud RI Nomor 81A tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013, Pedoman Umum Pembelajaran Kemendikbud.
Rohman, Muhammad. 2013. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta. Prestasi Pustaka Karya
Slavin, R, E. 1994. Educational Psychology, Theories and Practice. Fourth Edition. Masschusetts: Allyn and Bacon Publishers
Sutarno, Nono. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.4795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Satriawati - -, Irman Rahim - Rahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.