RELEVANSI KESESUAIAN KOMPETENSI DASAR DENGAN MATERI BUKU AJAR MATEMATIKA KELAS VI SD/MI

Halimatun Nisa, Arif Hidayat, Miptah Parid

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini membahas mengenai relevansi kesesuaian komptensi dasar dengan materi buku ajar matematika kelas VI SD/MI. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian KD dengan materi ajar matematika tematik integratif untuk siswa kelas VI SD/MI dan mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan ajar matematika kelas VI SD/MI. Jenis penelitian yang dilakukan adalah library reseach dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dengan cara mengumpulkan data penelitian berdasarkan kesesuain KD dengan bahan ajar matematika. Kesimpulan dari artikel ini yaitu sebagai berikut: 1) bahan ajar matematika kelas VI SD/MI dimulai dari Bab  I s/d IV buku guru dan buku siswa dilihat dari aspek kelengkapan materi dan kemudian dianalisis dengan menggunakan kompetensi dasar yang terdapat pada dokumen kurikulum 2013 sudah terdapat  kesesuaian antara kompetensi dasar dengan isi materi  pada bahan ajar matematika; 2) kelebihan dan kekurangan bahan ajar matematika kelas VI SD/MI, kelebihannya yaitu isi materi menjelaskan ciri-ciri dari masing-masing bangun ruang secara detail dan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan buku ajar matematika kelas VI kurikulum 3013 sudah memuat soal HOTS, sedangkan kekuranganya yaitu materi-materi yang terdapat pada buku ajar hanya berpusat pada dua bagian yaitu bentuk bilangan dan ukuran geometri.


Keywords


Buku Ajar, Kompetensi Dasar, Matematika, SD/MI

Full Text:

PDF PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2011). Bagaimana Menyusun PTK Anda Agar Sukses? Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Elsurnati. (2011). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Terhadap Kemampuan Menulias Pada Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar. Jurnal Lentera Pendidikan.

Hamza, & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Grafindo Persada.

Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.926

Khotimah, K., Siroj, R. A., & Basir, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Mengacu Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Bagi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rambang Kuang. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.22342/jpm.6.1.4090.19-34

Nurmutia, H. E. (2013). Analisis Materi, Penyajian, dan Bahasa Buku Teks Matematika SMA Kelas X di Kebupaten Rembang Tahun Ajaran 2012/2013. Semarang: FMIPA.

Nursalam, N. (2016). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika : Studi Pada siswa SD/MI di Kota Makasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a1

Rahmadani, H., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi di SMA IT Albayyinah Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning). https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.5230

S. Sirate, F. (2012). Implementasi Etnomatika dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasa. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran Dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Smile’s Publishing.

Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9081

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, S., Prasetyowati, D., & Kartinah, K. (2018). Efektivitas Buku Ajar Matematika SMP Berbasis 3-D Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.825

Suwangsih, E., & Tiurlina. (2010). Model pembelajaran matematika. Bandung: Upi Press.

Syamsuddin, M. A. (2009). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuningrum, H. (2017). Analisis Materi dan Soal Materi dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Siswa Sekolah Dasar Kelas V Berdasarkan Taksonomi. Timss Proseding.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.3531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Halimatun Nisa, Arif Hidayat, Miptah Parid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.