PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI IMPLEMENTASI MEDIA BELAJAR MIKA HOLOGRAM 3D PADA PEMBELAJARAN IPA SD KELAS 5

Aditya Dwi Pratama, Muhamad Sofian Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peningkatan pemahaman konsep melalui implementasi media belajar Mika Hologram 3D dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi siswa SD kelas 5. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan satu kelas eksperimen yang menggunakan media belajar Mika Hologram 3D dan satu kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 di sebuah sekolah dasar di daerah perkotaan. Sampel penelitian terdiri dari 18 siswa yang dipilih secara acak dan dibagi menjadi dua kelompok. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep sebelum dan setelah implementasi media belajar Mika Hologram 3D, serta observasi kelas dan wawancara dengan guru.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media belajar Mika Hologram 3D secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam skor rata-rata hasil belajar kelas siswa setelah implementasi media belajar Mika Hologram 3D dibandingkan dengan skor sebelumnya. Nilai rata-rata yang didapatkan pada kegiatan prasiklus adalah 69,3 dengan tingkat ketuntasan kelas yaitu 38% kemudian dilakukan tindakan dengan mengimplementasikan media pembelajaran Mika Hologram 3D dalam tahap 2 siklus, dan diperoleh nilai rata 76 dan ketuntasan kelas sebesar 55%, karena belum mencapai tingkat ketuntasan minimum yitu 80% maka penelitian dilakukan ke tahap tindakan siklus 2 dan didapatkan hasil nilai rata-rata sebesar 86 dengan ketuntasan kelas 88%, dengan hasil ini maka tindakan diberhentikan pada siklus 2,  peningkatan ketuntasan belajar sebesar 17% dari pra siklus ke siklus I, dan 33% dari siklus I ke siklus II. Selain itu, observasi kelas dan wawancara dengan guru mengungkapkan respons positif siswa terhadap penggunaan media belajar ini, yang melibatkan visualisasi tiga dimensi yang menarik.

                Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi media belajar Mika Hologram 3D dalam pembelajaran IPA pada siswa SD kelas 5 efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep. Disarankan agar guru dan sekolah lainnya mempertimbangkan penggunaan media belajar inovatif ini sebagai alat bantu pembelajaran yang dapat meningkatkan Hasil belajar serta kualitas pembelajaran IPA di tingkat SD.


Keywords


Pendidikan; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i2.11474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aditya Dwi Pratama, Muhamad Sofian Hadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.