Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Youtube sebagai Media Konten Video Kreatif

Wardah Wardah, Muh Jamil Reza

Abstract


Abstrak 

Merebaknya penggunaan youtube sebagai media kontent video kreatif memunculkan beragam persepsi bagi yang mengaksesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Unismuh Makassar terhadap media youtube serta efek yang ditimbulkan setelah mengakses media youtube. Dengan menggunakan jenis peneliian kualitatif dengan tipe deskriptif, serta melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap informan, penelitian ini mampu mengkategorikan serta menjabarkan beragam persepsi mahasiswa yang dibedakan atas persepsi positif dan persepsi negatif. Pertama, Mahasiswa Unismuh mempersepsi youtube sebagai media konten video kreatif, secara positif dimana youtube bersifat informatif dan sebagai sumber pengetahuan yang efektif, sebagai sarana hiburan, sebagai wadah penyalur kreatifitas dan bersifat inspiratif, serta sebagai sumber mata pencaharian/profesi. Kedua, Mahasiswa Unismuh Makassar mempersepsi youtube secara negatif dimana youtube memungkinkan menjadi media penyebaran aib seseorang, youtube dapat memberikan tontonan yang cenderung merugikan orang lain, serta banyaknya konten drama settingan. Youtube juga sebagai media untuk memanfaatkan kekurangan orang lain sebagai objek candaan yang disebarluaskan, begitupun dengan menyebarkan konten sensasional. Efek yang ditimbulkan oleh youtube sebagai media konten video kreatif berupa efek kognitif (pengetahuan), efek afektif (perubahan sikap), serta efek behavioral (perilaku, tindakan atau kegiatan).

Keywords


Persepsi; Penggunaan Youtube; Youtube

Full Text:

PDF

References


Cecariyani, A. A. (2018). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Kontent Prantk Yudist Ardhana .

Chandra, E. (2017). Youtube, Citra Media Informasi Interaktif atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi.

Dahono, Y. (2021, Februari 15). Retrieved Agustus 26, 2022, from Berita Satu.com: https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021

Daryanto. (2011). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Erik Fahron Setiadi, A. A. (2019). Youtube sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education , 313-323.

Flew, T. (2005). New Media, an Introduction. London: Oxford University Press.

Hayes, D. J. (2019). Keefektifan Media Youtube terhadap Kemampuan Menuis Narasi Peserta Didik Kelas VII SMP Putri Al Azhar Pasuruan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Karman. (2013, Januari-Juni). Riset Penggunaan Media dan Perkembangannya Kini. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 17(1), 95-96.

Liberty Jemadu, D. P. (2022, Februari 23). Retrieved Agustus 26, 2022, from Suara.com: https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022

Marbun, L. S. (2019). Persepsi Mahasiswa terhadap Gaya Komuikasi Politik Presiden Joko Widodo melalui Media Sosial Youtube.

McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory, 6th edition. London: Sage Publication, Ltd.

Mitasari, A. D. (2017). Preferensi Remaja Perempuan Pada Konten Youtube Channel Di Kota Malang.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pambudi, R. D. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Equilibria Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 56-64.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaipudin, L. (2020). Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung). Kalijaga: Jurnal of Communication 2 (1), 14-34.

Tresia Monica Tinambunan, C. S. (2022, Mei). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Komunikasi Massa di Kalangan Pelajar. MUTAKALLIMIN: Jurnal Ilmu Komunikasi , 5(1), 14-21.

Uliya, H. (2019). Komodifikasi Pekerja Pada Youtuber Pemula Dan Underated.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v3i1.9081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats