Komunikasi Dalam Pemasaran Produk Kecantikan Halal (Studi Azqiara Klinik Cantik Muslimah Di Kota Makassar)

Indah Pratiwi Manggaga, Fauziah Fauziah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran klinik kecantikan Azqiara yang berada di Makassar sebagai satu-satunya klinik yang dikhususkan untuk wanita muslimah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan tujuh informan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran produk Azqiara Beauty Clinic Beauty Muslimah Halal Kota Makassar yaitu pelayanan, pembelian, periklanan. Hasil penelitian menunjukkan Klinik Azqiara memberikan pelayanan dengan prinsip 3s (salam, senyum dan salam). Sedangkan layanan yang ditawarkan berupa perawatan kulit dan wajah yang ditangani langsung oleh dokter kulit dan kecantikan yang handal. Azqiara Klinik Cantik Muslimah memanfaatkan komunikasi yang terintegrasi dalam menyebarluaskan informasi produk, layanan dan pembelian kepada periklanan, periklanan dan sponsorship kreatif sehingga dapat menimbulkan rasa ketertarikan dari masyarakat atau konsumen untuk menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan. Di sisi lain, masalah teknis kemungkinan besar terjadi pada konsumen yang masih belum sadar cara mendapatkan informasi melalui media sosial.

Keywords


komunikasi pemasaran; klinik kecantikan; muslimah

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Mustaq. 2001. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Al-kaustar.

Alo, Liliweri. 2017. Komunikasi Antar Personal. Jakarta : Remaja Rosdakarya.

Al-Qur’an dan terjemahan. Kementrian Agama Republik Indonesia. 2017.

Dewantari, Ilmy.2011. “Strategi Komunikasi Pemasaran Cafe “Burger Loves Me”dalam meningkatkan jumlah konsumen”.Jakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Effendy, Onong Uchjana. 2017. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Hermawan. Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta : Erlangga

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nainggolan. Wina. 2017. “Komunikasi dalam Pemasaran melalui Media Sosial (studi pada Online Shop Parnasib Etnik)”. Skripsi : Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sumatera Utara.

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung : CV Pustaka Setia.

Prisgunanto, Ilham. 2006. Komunikasi Bisnis Pemasaran, Strategi dan Taktik. Jakarta. Ghalia Indonesia

______________. 2018. Komunikasi Pemasaran: Strategi & Taktik. Bogor : Ghalia Indonesia.

Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta :Rajawali Perss.

Soemanagara, Rd. 2009. Strategic Marketing Communication.Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

______________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung : Alfabeta

Terence. A, Shimp. 2014. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I ( edisi 5). Jakarta : Erlangga

Thomas C., Richard J.Semenik. 2006. Advertising and Integrated Brand Promotion. USA: Thomson South-Western.

Utomo. Sapto. 2018. “Kegiatan Komunikasi dalam Pemasaran Makanan Siap Saji (Analisis Deskriptif Kualitatif Tentang Komunikasi dalam pemasaran produk PT. Choice Plus Indonesia)”. Skripsi : Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret.

Sumber Lain

Website : azqiara-skin.com

Website:instagram.com/azqiaraclini




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v3i1.9080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats