Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit: Literature Review

Diana Rina

Abstract


Abstrak

Rumah sakit merupakan penyedia pelayanan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kepuasaan pasien terhadap rumah sakit dipengaruhi oleh kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan. Pelayanan prima merupakan pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan pasien, sehingga petugas kesehatan harus memberikan pelayanan yang optimal. Pengalaman pasien dengan pelayanan yang diberikan mempengaruhi pilihan rumah sakit yang akan dituju untuk pengobatan mereka. Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan menjadi evaluasi manajemen rumah sakit dalam mempertahankan atau meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pasien di rumah sakit X. Penelitian ini menggunakan tinjauan kepustakaan (literature review) dari beberapa hasil penelitian terdahulu di Indonesia. Sumber pencarian jurnal melalui google scholar dalam kurun waktu 2015 – 2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan prima diukur dengan menggunakan 6 indikator yaitu sikap (attitude), perhatian (attention), tindakan (action), kemampuan (ability), penampilan (appearance), dan tanggung jawab (accountability). Studi menunjukkan bahwa pelayanan prima memengaruhi kepuasan pasien di rumah sakit.

Keywords


pelayanan prima; penelitian kepustakaan; kepuasan pasien.

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. H., Sloane, D. M., Ball, J., Bruyneel, L., Rafferty, A. M., & Griffiths, P. (2018). Patient Satisfaction with Hospital Care and Nurses in England: An Observational

Aini, Q. (2018). Hubungan Pelayanan Prima (Excellent Service) Perawat Dengan Kepuasan Pasien di Intensive Care Unit RSUD Syamrabu Bangkalan. Nursing Update: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan P-ISSN: 2085-5931 e-ISSN: 2623-2871, 9(2), 29-36.

Hadipoero, M. M., & Panuju, R. (2018). Komunikasi Non Verbal Dalam Pelayanan Prima Di Uptsa (Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap) Pemerintah Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 4(1), 13-31.

Jannah, M. (2016). Pelayanan Prima Pada Posyandu Lansia Di Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes), Desa Karangdinoyo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Publika, 4(5).

Karyaningsih, Ponco., D. (2018). Ilmu Komunikasi: Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Samudera Biru (Anggota IKAPI).

Kelana, M. T. (2015). Pengaruh Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellent) Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Naskah Publikasi. Diperoleh dari download.portalgaruda.org/

Laurena, D. J. (2015). Analisis Pelayanan Prima Dengan Konsep A6 Pada Perpustakaan Tinggi Negeri di Surabaya. Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga. Disertasi. Universitas Airlangga.

Lestari, N. et al. (2019). Pengaruh Pelayanan Prima A6 (Attitude, Attention, Action, Ability, Appearance, Accountability) terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Babat Kabupaten Lamongan, JHS: Journal Hospital Science, 2(1), pp. 47–52.

Lumbanbatu, A. M. (2022). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RS X Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 5(2), pp. 157–167.

Masroyana, Suhartono and Nurhadi, M. (2019). Correlation between the Implementation of Excellent Service of Nursing with the Level of Patient Satisfaction in Medika Mulia Hospital of Tuban, International Journal of Multi Discipline Science (IJ-MDS), 2(2).

Mundakir. (2016). Komunikasi Pelayanan Kesehatan: Cetakan 1. Yogyakarta: Indomedia Pustaka Penerbit & Distributor.

Novitasari, D. (2022). Hospital Quality Service and Patient Satisfaction: How The Role of Service Excellent and Service Quality?. Journal of Information Systems and Management, 01(01), pp. 29–36.

Nurlia. (2018). Strategi Pelayanan dengan Konsep Excellent Service. Meraja Journal. 1(2). pp.17 - 30.

Perwita, F. D., Sandra, C. and Hartanti, R. I. (2020). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember, Ikesmas, 16(1), p. 27.

Pratiwi, R. D., & Pertiwi, D. S. (2018). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dan Caring Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Perawat Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Multazam Medika Bekasi Timur. Edudharma Journal , Vol 2 No. 2, 1-22

Pratiwi, R. D., & Putra, R. S. P. (2021). Pengaruh Penerapan Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Labuang Baji Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 7(1), 30-44.

Putri, H. A., Saryadi, S., & Dewi, R. S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Kota Magelang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(3), 110-116.

Silvia, F. (2018). Pelayanan Prima dan Kepuasan Pelanggan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II.

Siregar, N. S. S. (2020). Komunikasi Terapeutik Tenaga Kesehatan terhadap Pasien Rawat Inap dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Haji Medan. Inovasi, 17(1), 21-30.

Sumijatun. (2011). Membudayakan Etika dalam Praktek Keperawatan. Jakarta: Medika Salemba.

Sitorus, P. (2021). Hubungan Pelayanan Prima dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Porsea Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Ners Indonesia, 7(2), 54-62.

Suroso et al. (2015). Pelayanan Keperawatan Prima Berbasis Budaya Berpengaruh Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 18(1), pp. 38–44.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v3i1.9079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +62811449192 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats