Pengaruh Komunikasi Visual Gambar Peringatan Bahaya Merokok Pada Kemasan Rokok Terhadap Sikap Perokok (Studi Kasus Masyarakat Dusun Kanang-Kanang Desa Tino Kec. Tarowang Kabupaten Jeneponto)

Indah Pratiwi Manggaga, Jufri Jufri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gambar peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok terhadap sikap perokok di Dusun Kanang-Kanang Desa Tino Kec. Tarowang Kab. Jeneponto. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden kemudian diolah menjadi SPSS dengan menggunakan rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok berpengaruh terhadap sikap perokok di Dusun Kanang-Kanang. Temuan hubungan tidak signifikan dengan menggunakan analisis teori S-O-R. Responden mendapatkan stimulus (pesan) tentang citra kemasan rokok. Stimulus (pesan) tersebut disampaikan secara persuasif kepada organisme (responden) sehingga pesan yang disampaikan secara persuasif menimbulkan respon (efek) berupa kesadaran responden tentang bahaya merokok. Gambaran kemasan rokok cukup mampu menarik perhatian responden meskipun hubungannya rendah, karena ada variabel lain yang mempengaruhi rendahnya hubungan tersebut, seperti: 1) faktor harga produk (price of product), 2) faktor lingkungan sosial (kontrol orang tua atau pergaulan), 3) faktor perilaku (terlihat jantan atau maco).


Keywords


Komunikasi visual; Kemasan Rokok; Sikap Perokok

Full Text:

PDF

References


Buku

Ajzen, Icek. 2005. Attitudes, personalitiy, and behavior, edisi Kedua. New York: Open University Press.

Alwi, Hasan. 2002. Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ananda, Maya. 1986. Cara menulis benar, indah dan rapi. Jakarta : Rosda

Asy-Syaukani, Imam. 1997. Tafsir fathul qadir jilid II. Jakarta Selatan : Pustaka Azzam

Azwar, S. 2000. Sikap manusia, teori dan pengukuranya. Jogjakarta: Pustaka Pelajar Jogja Offset.

Basrowi, 2005. Pengantar sosiologi, Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia

Christoper, Lovelock dan H. Lauran, K. Wright. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa (Terjemahan). Jakarta : PT. Indeks (Gramedia Group)

David, Sless. 1981. Learning and visual communication. London : Routledge

Durianto. 2003. Invasi pasar dengan iklan yang efektif: Strategi, program dan teknik pengukuran. Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama

Fiske, John. 2014. Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Gilson, C, dan Berkman, Harold W. 1980, Advertising: Concepts and strategies. Canada, Toronto: Random House, Inc.

Hovland, Carl I., Irving K. Janis, and Harold H., Kelley (1953),Communication and Persuasion, New Haven, CT: Yale University Press.

Mufid, Muhammad. 2015. Etika daan filsafat ilmu komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: RinekaCipta.

Kusmiati, A, S. Pudjiastuti & P. Suptandar. 1999. Teori dasar desain komunikasi visual. Jakarta: Djambatan.

Sihombing, Danton. 2001. Tipografi dalam desain grafis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Soerjono Soekanto. 2006. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta : Raja Grapindo Persada.

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi sosial. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Zainuddin, M. 2011. Metode penelitian. Bandung : PT. Refika Aditam

Jurnal

Schiffman, Kanuk. 2004. Analisa marketing mix, lingkungan sosial, psikologi terhadap keputusan pembelian online pakaian wanita. Juarnal Manajemen Pemasaran Petra.Vol. 1, No. 2.

Spss Indonesia. (2017, 4 April). Tutorial analisis korelasi rank spearman dengan spss. Diakses pada 25 januari 2021, dari https://www.spssindonesia.com/2017/04/analisis-korelasi-rank-spearman.html

Disertasi/Thesis/Skripsi

Fatonah, Siti. 2017. Pengaruh terpaan iklan layanan masyarakat anti merokok terhadap sikap pada perilaku merokok. (skripsi). Universitas Negeri Semarang.

Hidayat, rizki. 2012. Pengruh iklan rokok di televisi rcti terhadap perilaku membeli pada remaja RT 01 RW 01 desa siabu kecamatan salo kabupaten Kampar. (skripsi). Universitas islam negeri syarif kasim riau

Idayanti. 2017. Persepsi masyarakat terhadap siaran TVRI SUL-SEL (Survey Masyarakat Gowa)(Skripsi). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Ihsan. 2012. Pengaruh sikap pemirsa iklan televisi terhadap keputusan pembelian (studi kasus terhadap iklan rokok djarum). (skripsi). Universitas negeri Yogyakarta

Ikram, Muhammad. 2017. Pengaruh gambar kemasan rokok terhadap minat perokok pada mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi UIN Alauddin Makassar. (skripsi). UIN Alauddin Makassar.

Salmon febrian siregar. 2016. Iklan rokok televisi terhadap perubahan sikap mahasiswa (studi korelasional terpaan iklan rokok di televisi terhadap perubahan sikap pada mahasiswa FISIP US). (skripsi). Universitas Sumatra utara

Saskia, hidayat. 2012. Representasi kreativitas dalam iklan rokok A MILD versi “gelar” di televise (studi semiotic representasi kreativitas dalam iklan rokok A MILD versi “gelar” di televise) (skripsi). Universitas pembangunan nasional veteran jawa timur.

Sudibyo, harleyandi ridhwan. 2018. Pengaruh terpaan iklan rokok terhadap minat beli konsumen rokok (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas islam Indonesia)(skripsi). Universitas Islam Indonesia.

Yudanti, fitria. 2014. Analisis terriphadap peringatan iklan rokok “merokok mebunuhmu” pada wanita perokok. (skripsi). Universitas katolik soegijapranata semarang

Internet

Abbas, Anwar. (2017, 29 agustus). Rokok haram karena berdampak buruk. Diakses pada 11 september 2017 dari https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01285212/muhammadiyah-rokok-haram-karena-berdampak-buruk-408295s

Aditama, Tjandra Yoga. (2013, 31 mei). Iklan rokok picu remaja dan anak merokok. Diakses pada 10 september 2020 dari https://kebijakankesehatanindonesia.net/25-berita/berita/1030-iklan-rokok-picu-remaja-dan-anak-merokok

Cenadi, Christine Suharto, 1999. Elemen-elemen dalam desain komunikasi visual, Nirmana Jurnal Deskomvis. Diakses pada 15 September 2020 dari https://www.researchgate.net/publication/43330420_elemen-elemen_dalam_desain_komunikasi_visual

Dinkes.bantenprov.go.id. (2017, 31 juli). Pengertian rokok dan akibatnya. Diakses pada 5 februari 2021 dari https://dinkes.bantenprov.go.id/read/berita/488/pengertian-merokok-dan-akibatnya.html

Iklanrokok. (2020, 11 juni). Surya pro mild. Diakses pada 5 september 2020, dari https://www.youtube.com/watch?v=0-tbdFhRgnk&has_verified=1

Katadata.co.id.2019, 14 november). Realisasi penerimaan APBN 2019 baru 79 %, cukai rokok digenjot. Diakses pada 3 september 2020 dari https://katadata.co.id/happyfajrian/finansial/5e9a4c5685464/realisasi-penerimaan-apbn-2019-baru-79-cukai-rokok-digenjot

Kemkes. (2011, 31 mei). Lindungi generasi muda dari bahaya merokok. Diakses pada 11 september 2020 dari https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilismedia/20110531/091142/lindungi-generasi-muda-dari-bahaya-merokok/

Komnaspt. (2020, 7 juni). Hari tanpa tembakau sedunia 2020. Diakses pada 13 agustus 2020, dari http://komnaspt.or.id/siaran-pers/hari-tanpa-tembakau-sedunia-2020/

Komunikasi Praktis. (2018, 09 september). Komunikasi visual : pengertian, prinsip dan contoh. Diakses pada 18 september 2020, dari https://www.komunikasipraktis.com/2018/09/komunikasi-visual pengertia n-prinsip-contoh.html

Konsistensi. (2015, 5 Februari). Uji kofisiensi korelasi spearman dengan spss lengkap. Diakses pada 25 januari 2021, dari https://www.konsistensi.com/2015/02/uji-koefisien-korelasi-spearman-dengan.html

PKL Online. (2019, 3 oktober). Pengertian masyarakat. Diakses pada 17 mei 2020, dari https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-masyarakat-society/10758

Raharjo, Sahid. (2017, 6 Maret). Ujin analisis korelasi pearson dengan spss sangat jelas. Diakses 2 februari 2021, dari https://www.youtube.com/watch?v=jq6N3waOQPU&list=LL&index=9&t=545s

Raharjo, Sahid. (2018, 24 November). memasukkan data kuesioner skala likert spss lengkap. Diakses 1 februari 2021, darihttps://www.youtube.com/watch?v=UJh8boc_z4c&list=LL&index=10&t=915s

Raharjo, Sahid. (2017, 28 September). Cara uji analisis korelasi rank spearman dengan spss lengkap. Diakses pada 2 februari 2021, dari https://www.youtube.com/watch?v=vMIruzTmJb4&list=LL&index=13&t=946s

Riskesdas. (2013) Hari tembakau sedunia. Diakses pada 10 september 2020 dari https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-hari-tanpa-tembakau-sedunia.pdf

Tirto.id. (2017, 10 oktober). Seberapa banyak rokok sumbang pemasukan kas Negara?. Diakses pada 3 september 2020, dari https://tirto.id/seberapa-banyak-rokok-sumbang-pemasukan-kas-negara-cx7N




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v2i2.8073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats