Strategi Humas Dalam Meningkatkan Minat Calon Mahasiswa Baru di Universitas Muhammadiyah Makassar

Syukri Syukri, Sumarni Sumarni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat strategi public relations dalam meningkatkan minat calon mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Makassar dan untuk melihat apa saja faktor pendukung dan penghambat humas dalam meningkatkan minat calon mahasiswa baru di Universitas tersebut. Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan teknik data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah calon mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Makassar dengan beberapa langkah, 1) penerbitan berbagai bentuk Universitas Muhammadiyah Makassar, seperti akreditasi akademik berupa kampus dan jurusan yang terakreditasi. , sumber daya manusia berupa tenaga pengajar, dan formatnya. prestasi lokal, nasional, regional, bahkan internasional. 2) Menjalin komunikasi atau bekerja sama dengan media. Adapun faktor pendukung penerapan strategi kehumasan di Universitas Muhammadiyah Makassar dilihat dari faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pengawasan komunikasi internal secara langsung dan tidak langsung.

The purpose of this study is to see the public relations strategy in increasing the interest of new student candidates at the Muhammadiyah University of Makassar and to see what are the supporting and inhibiting factors of public relations in increasing the interest of prospective new students at the University of Muhammadiyah Makassar. This is a qualitative research and data technique uses the method of observation, interviews, and documentation. The result of the research shows that an increase in the number of prospective new students at the University of Muhammadiyah Makassar with several steps, 1) publishing various forms of the University of Muhammadiyah Makassar, such as academic accreditation in the form of accredited campuses and departments, human resources in the form of teaching workforce, and formats. local, national, regional, and even international achievements. 2) Establishing communication or working with the media. The supporting factors for the implementation of the public relations strategy at the University of Muhammadiyah Makassar are seen from internal factors and external factors. Meanwhile, the inhibiting factor is the direct and indirect internal communication supervision.


Keywords


Strategi; Public Relations; Minat Mahasiswa; Strategy; Public Relations; Student Interest

Full Text:

PDF

References


Buku

Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirat. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Anggoro, Linggar. 2008. Teori Dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya Di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ali, Jumanatul. 2005. Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung

Bungin, Burhan. 2014. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Prenadamedia Group

Cutlip Scoot, Center Allen. 2006. Effective Publik Relation. Jakarta: Kencana Prenada Prima Group

Cutlip, Scott M, et all. 2006. Effective Public Relations. Jakarta: PT Dian Rakyat

Efendy, Uchyana Onong., 2002. Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosadakarya

Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta: Erlangga

Khaerul, Umam dan Kadar Nurjaman., 2012. Komunikasi & Public Relations. Bandung: CV Pustaka Setia

Kasali Rhenal. 2003. Manajemen Public Relations. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Kasali Rhenal. 2005. Manajemen Public Relations. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Laksana Wijaya Laksana, Mukarom Zainal. 2015. Manajemen Public Relations (Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat). Bandung: CV Pustaka Setia

Morissan. 2014. Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Prenadamedia Group

Moore Frazier., 2004. Humas (Membangun Citra dengan Komunikasi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexi J, 2012. Metedologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya Offest

Ngalimun., 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis, Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Nova Firzan. 2011. Crisis Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rudy, May. 2005. Komunikasi & Hubungan Masyarakat Internasional, Bandung: PT Refika Aditama

Rumanti, Maria Assumpta. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Rachmadi. F. 1996. Public Relations Dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Gramedia

Ruslan, Rosady. 2017. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Ruslan Rosady. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Syarifuddin S, dkk. 2016. Public Relations, Yogyakata: C.V Andi Offset.

Jurnal

Nurul Khasanah. 2017. Strategi Public Relations dalam Mencapai Image Positif yang Diharapkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Internet

Simakad.unismuh.ac.id




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v2i1.6064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +62811449192 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats