Strategi Humas Dalam Meningkatkan Minat Calon Mahasiswa Baru di Universitas Muhammadiyah Makassar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat strategi public relations dalam meningkatkan minat calon mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Makassar dan untuk melihat apa saja faktor pendukung dan penghambat humas dalam meningkatkan minat calon mahasiswa baru di Universitas tersebut. Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan teknik data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah calon mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Makassar dengan beberapa langkah, 1) penerbitan berbagai bentuk Universitas Muhammadiyah Makassar, seperti akreditasi akademik berupa kampus dan jurusan yang terakreditasi. , sumber daya manusia berupa tenaga pengajar, dan formatnya. prestasi lokal, nasional, regional, bahkan internasional. 2) Menjalin komunikasi atau bekerja sama dengan media. Adapun faktor pendukung penerapan strategi kehumasan di Universitas Muhammadiyah Makassar dilihat dari faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pengawasan komunikasi internal secara langsung dan tidak langsung.
The purpose of this study is to see the public relations strategy in increasing the interest of new student candidates at the Muhammadiyah University of Makassar and to see what are the supporting and inhibiting factors of public relations in increasing the interest of prospective new students at the University of Muhammadiyah Makassar. This is a qualitative research and data technique uses the method of observation, interviews, and documentation. The result of the research shows that an increase in the number of prospective new students at the University of Muhammadiyah Makassar with several steps, 1) publishing various forms of the University of Muhammadiyah Makassar, such as academic accreditation in the form of accredited campuses and departments, human resources in the form of teaching workforce, and formats. local, national, regional, and even international achievements. 2) Establishing communication or working with the media. The supporting factors for the implementation of the public relations strategy at the University of Muhammadiyah Makassar are seen from internal factors and external factors. Meanwhile, the inhibiting factor is the direct and indirect internal communication supervision.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirat. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Anggoro, Linggar. 2008. Teori Dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya Di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Ali, Jumanatul. 2005. Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung
Bungin, Burhan. 2014. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Prenadamedia Group
Cutlip Scoot, Center Allen. 2006. Effective Publik Relation. Jakarta: Kencana Prenada Prima Group
Cutlip, Scott M, et all. 2006. Effective Public Relations. Jakarta: PT Dian Rakyat
Efendy, Uchyana Onong., 2002. Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosadakarya
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta: Erlangga
Khaerul, Umam dan Kadar Nurjaman., 2012. Komunikasi & Public Relations. Bandung: CV Pustaka Setia
Kasali Rhenal. 2003. Manajemen Public Relations. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
Kasali Rhenal. 2005. Manajemen Public Relations. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
Laksana Wijaya Laksana, Mukarom Zainal. 2015. Manajemen Public Relations (Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat). Bandung: CV Pustaka Setia
Morissan. 2014. Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Prenadamedia Group
Moore Frazier., 2004. Humas (Membangun Citra dengan Komunikasi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexi J, 2012. Metedologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya Offest
Ngalimun., 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis, Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Nova Firzan. 2011. Crisis Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Rudy, May. 2005. Komunikasi & Hubungan Masyarakat Internasional, Bandung: PT Refika Aditama
Rumanti, Maria Assumpta. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Jakarta: Gramedia Widiasarana
Rachmadi. F. 1996. Public Relations Dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Gramedia
Ruslan, Rosady. 2017. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Ruslan Rosady. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Syarifuddin S, dkk. 2016. Public Relations, Yogyakata: C.V Andi Offset.
Jurnal
Nurul Khasanah. 2017. Strategi Public Relations dalam Mencapai Image Positif yang Diharapkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga
Internet
Simakad.unismuh.ac.id
DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v2i1.6064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar
Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)
email: jko@unismuh.ac.id
View My Stats