Pesan Dakwah Pada Film Iqro: My Universe

Fitrah Febriani R, Arni Arni

Abstract


Pesan dakwah adalah ajakan atau ajakan ilham yang diridhoi oleh Allah Ta'ala yang berlandaskan Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan menggunakan media sebagai alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada penerima seperti film. Berdasarkan hal tersebut, peneliti terdorong untuk menyimpan dan menjelaskan analisis semiotika pesan dakwah dalam film Iqro: Semestaku. Topik utama penelitian ini adalah pesan dakwah dalam film Iqro: Semestaku dan bagaimana pesan itu tersampaikan. Penelitian ini dilakukan di Makassar selama dua bulan, dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2019. Objek penelitian adalah film berdurasi 101 menit Iqro Semestaku karya Iqbal Alfajri. Jenis dan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan teori segitiga makna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film Iqro: Semestaku terdapat banyak pesan dakwah yang disampaikan yaitu dakwah berupa pesan-pesan Aqidah diantaranya (iman pada kitab adegan 1 dan 2, iman kepada Rasul-Nya adegan 5, iman di adegan Tuhan 9), dakwah berupa syariat meliputi (adegan 7 doa), dakwah akhlak (akhlak terhadap Tuhan adegan 10, akhlak terhadap sesama makhluk adegan 1,3,4,11, akhlak terhadap non-manusia adegan 6 ). Penyampaian pesan dakwah dalam film Iqro: Semestaku menggunakan dua cara, yang pertama adalah dialog seperti yang terlihat pada adegan 1,3,4,5,6,11 dan adegan pada adegan 2,7,8,9.

The message of da'wah is a call or invitation to inspiration that is blessed by Allah Ta'ala which is based on the Qur'an and Sunnah by using the media as a tool used to deliver messages from the source to the recipient such as films. Based on this, the researcher is compelled to save and explain the semiotic analysis of the da'wah messages in the film Iqro: My Universe. The main topic of this research is the message of the da'wah in the film Iqro: My Universe and how the message is transfered. This research was conducted in Makassar for two months, from October to December 2019. The object of research is the 101 minutes film Iqro My Universe by Iqbal Alfajri. The type and research used is descriptive qualitative by Charles Sanders Peirce's semiotic analysis with the triangle theory of meaning. The results of this study indicate that in the film Iqro: My Universe there are many da'wah messages conveyed, namely preaching in the form of Aqidah messages including (faith in the books scenes 1 and 2, faith in His Messenger scene 5, faith in God scene 9), da'wah in the form of sharia including (scene 7 prayer), dakwah akhlak (morals towards God scene 10, morals towards fellow scene creatures 1,3,4,11, morals towards non-human scene 6). The delivery of da'wah messages in the film Iqro: My Universe uses two ways, the first is dialogue as shown in scene 1,3,4,5,6,11 and scenes in scene 2,7,8,9.


Keywords


Dakwa; Film; Semiotika; Da'wah Film; Semiotics

Full Text:

PDF

References


Buku

Ardianto, Elvianaro dan Lukianti Komala, 2004. Komunikasi Massa:Suatu

Pengantar, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Budiman, Kris, 1999. Kosa Semiotika. Yogyakarta: LkiS

Bungin, Burhan, 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Cangara, Hafied, 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Cangara, Hafied, 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Dagron, Thomas, 2006. Communication For Social Change. Amerika: Susan March

Departemen Agama RI, 2005. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: PT Syaamil Cipta Media

Effendy, Heru, 2002. Mari Membuat Film: Panduan Untuk Menjadi Produser. Jakarta: Pustaka Konfiden

Effendy, Onong Uchjana, 2000. Ilmu Komunikasi dan

Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Enjang dan Aliyudin, 2009. Dasar-Dasar Ilmu Dakwah: Pendekatan Filosofis dan Praktis. Bandung: Widya Padjadjaran

Herdiansyah, Haris, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Ilaihi, Wahyu dan Harjani Hefni, 2007. Pengantar Sejarah Dakwah. Jakarta: Kencana

Ilaihi, Wahyu, 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ilaihi, Wahyu, 2013. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ismail, A. Ilyas dan Prio Hotman, 2011. Filsafat Dakwah: Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Jakfar M. Puteh, 2006. Dakwah di Era Globalisasi: Strategi Menghadapi Perubahan Sosial. Ak Group

Kriyantono, Rachmat, 2007. Teknik Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada

Marselli Sumarno, 2000. Dasar-Dasar Apresiasi Film. Jakarta: Grasindo

Moh. Ali Aziz, 2004. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana

Moleong, Lexy J, 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nuruddin, 2003. Komunikasi Massa. Cespur: Malang

Nuruddin, 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers

Prakoso, Gatot, 1997. Film Pinggiran. Jakarta: Prakarsa

Prof. Dr. Sugiono, 2011, Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Rakhmat, Djalaludin. 2011. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin, 2001. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rivers, L. William, dkk, 2004. Media massa dan Masyarakat Modern. Jakarta: Prenada Media

Romli, Khomsahrial, 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo

Rusmana, Dadan, 2014. Filsafat Semiotika. Bandung : CV Pustaka Setia

Sudjiman, Panuti dan Aart Van Zoest, 1996. Serba-Serbi Semiotika. Jakrta: Gramedia

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta

Tim Penyusun, 2002. Ensiklopedi Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve

Unde, Andi Alimuddin, 2015 Televisi dan Masyarakat Pluralistik. Jakarta: Prenada Media Group

Skripsi

Utami Nurul Fajri, Tanggal 8 April 2018 pukul 19.15 Studi Semiotika Pesan Moral dalam Film Hafalan Shalat Delisa, Skripsi. (Fakultas Dakwah dan Komuinikasi UIN Alauddin pdf)

Jurnal

Thamrin, Ahmad Sikumbang, Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN-SU 2014. Jurnal Komunikasi Bermedia

Internet

https://www.republika.co.id/berita/senggang/film/19/05/23/pryb7m459-film-iqro-my-universe-selesai-setelah-dua-tahun-produksi




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v2i1.6062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats