Analisis Kinerja Fotografer Jurnalistik Di Kota Makassar

Muhammad Idham Ama

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kinerja fotografer jurnalistik di Kota Makassar adalah : (1) Untuk menganalisis pengaruh antara kemampuan kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik. (2) Untuk menganalisis pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik. (3) Untuk menganalisis pengaruh antara fasilitas kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik, dan (4) Untuk menganalisis pengaruh antara kemampuan kerja, motivasi kerja dan fasilitas kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik, di Kota Makassar. Populasi sebanyak 40 fotografer yang berkerja di media cetak dan media online di Kota Makassar. Sampelnya tiga fotografer di Harian Tribun Timur dan lima fotografer di Harian Fajar. Beradasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh kemampuan kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik. Pengaruh antara kemampuan kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik adalah signifikan. (2) Tidak ada pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik. (3) Terdapat pengaruh antara fasilitas kerja terhadap kinerja fotografer jurnalistik, dan (4) Kemampuan kerja, motivasi kerja, dan fasilitas kerja berpengaruh terhadap kinerja fotografer jurnalistik di Kota Makassar.

 

The purpose of this study was to determine the performance of journalistic photographers in Makassar City: (1) To analyze the effect of work ability on journalistic photographer performance. (2) To analyze the effect of work motivation on journalistic photographer performance. (3) To analyze the effect of work facilities on the performance of journalistic photographers, and (4) To analyze the effect of work ability, work motivation and work facilities on the performance of journalistic photographers, in Makassar City. The population and sample of 40 photographers working in print and online media in Makassar City. Based on the results of data analysis, it can be concluded as follows: (1) There is an influence of work ability on the performance of journalistic photographers. The effect between work ability on journalistic photographer performance is significant. (2) There is no influence between work motivation on the performance of journalistic photographers. (3) There is an influence between work facilities on the performance of journalistic photographers, and (4) Work ability, work motivation, and work facilities affect the performance of journalistic photographers in Makassar City.


Keywords


Kemampuan Kerja, Motivasi Kerja, Fasilitas Kerja, dan Kinerja Fotografer Jurnalistik

Full Text:

PDF

References


Buku

Adillah, Rizky.2014. Peran Dinas Pariwisata Dalam Mempromosikan Objek Wisata Pada Wisatawan Di Kota Bandung. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Arifin, Anwar, 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar Ringkas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cangara, Hafied, 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Ermaya, Suradinata. 1996. Organisasi dan Manajemen Pemerintahan Dalam Kondisi Era Globalisasi. Bandung: Ramadan.

Gitosudarmo, Indriyo. 2008. Manajemen Pariwisata. Yogyakarta: BPFE.

Haryanti, Kristiana. 2003. Pedoman Penelitian Kualitatif. Jakarta.

Hasan, Erliana, 2005. Komunikasi Pemerintahan. Bandung: Refika Aditama.

Hidayat, Darsun. Komunikasi Antarpribadi Dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A.2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Madani, Muhlisdkk. 2014. Pedoman Penulisan Proposal Penelitian dan Skripsi Fisipol Unismuh Makassar. Makassar.

Manurung. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhadjir,Neong. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasani.

Mulyana, D. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Onong, Effendy. 2004. Ilmu Komunikasi, Teori Dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sendjaja, Sasa, Djuarsa, 1993. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nasution, Zulkarimen, 2007, Komunikasi Pembangunan, Pengenalan Teori dan Penerapannya, Jakarta, PT. Raja GrafindoPersada.

Widada, Mulyati, Sri, Kobayasi, Hiroshi, 2006, Sekilas Tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati & Ekosistemnya, Jakarta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Deplu. “Pariwisata sebagai Pendukung dalam Rangka Pelaksanaan Diplomasi di Bidang Kebudayaan (Kajian Pustaka)”

Kotler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Shim, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Internet

Utama,Rhesa Anggara. 2012. Dasar-Dasar Konsep Pemerintahan. Online: http:// karharhesa.blogspot.co.id. Diaksestangga l09 November 2012.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v1i2.5244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +62811449192 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats