Pola Komunikasi Interpersonal Antar Pembina dan Santri dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak di Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Ponre Waru

Meisil B. Wulur, Hoirunisa Hoirunisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui bagaimana pola komunikasi interpersonal terhadap peningkatan nilai-nilai akhlak di Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Ponre Waru dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat komunikasi interpersonal antar pembina dan santri dalam meningkatkan nilai-nilai akhlak. Data diperoleh observasi langsung ke lapangan, wawancara yang melibabkan para santri dan pembina yang sebagai informan, dan studi dekumentasi dari buku-buku dan bahan lainnya yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa dalam prosesnya, penerapan pola komunikasi interpersonal terjadi melalui tiga macam bentuk, bentuk interaksi, bentuk sharing, bentuk konseling, bentuk wawancara. Penerapan Pola komunikasi interpersonal akan menjadi efektif jika dilakukan antara pembina dan santri. Pola yang digunakan digunakan yaitu dengan cara tatap muka, berlangsung secara continue dan pesan yang disampaikan bersifat terencana. Hambatannya meliputi interaksi antar pembina dan santri, motivasi dan nasehat serta adab dan etika santri. Pendukungnya meliputi keterbukaan santri dengan pembina, kebijaksanaanpembina dalam melakukan pembinaan yang baik kepada santri.

This study aims to see how interpersonal communication patterns increase moral values in the Darul Arqom Muhammadiyah Ponre Waru Islamic Boarding School and what are the supporting and inhibiting factors for interpersonal communication between teachers and students in increasing moral values. Direct observation data into the field, interviews involving students and supervisors as informants, and study of documentation from books and other materials related to the subject matter. The results of this study indicate that in the process, the application of interpersonal communication patterns occurs through three kinds of forms; interactions, sharing, counseling, and interviews. The interpersonal communication patterns will be effective if it is carried out between the instructors and the students. The obstacles include the interaction between them, motivation and advice as well as santri manners and ethics. The supporters include the openness of the students to the instructors, the sermons of the instructors in providing good guidance to the students


Keywords


Komunikasi Interpersonal, Pembina dan Santri

Full Text:

PDF

References


Buku

Alquran Terjemahan Kementerian Agama RI

A, Sardiman. M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Abdurrahman, Muhammad. 2016. Akhlak Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia. Cet-1; Jakarta: RajaGrafindo Persada

Akbar, Jamaluddin. 2013. Implementasi Professional dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Pkn (Studi Deskristif Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Bandung

Alhamid, Thalhah dan Budur Anufia. 2019. Resume Instrumen Pengumpulan Data Sekolah Tinggi Agama Islam, Sorong

Ardiansyah, Taufan. 2017. Komunikasi Interpersonal Ustadz Dalam Meningkatkan Karakter santri. Kripsi Komunikasi Islam.

Azwar, Saifuddin. 1998. Metode Penelitian. Cet-1; Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bungin, Burhan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Cet-XI; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Canggara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cet-6; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Djuarsa, Sendjaja S. 1994. Teori Komunikasi. Cet-1; Jakarta: Universitas Terbuka

Efendy, Onong Uchjana. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cet-28; Bandung: Remaja Roesda Karya

Effendy, Onong Uchjana. 2012. Dinamika Komunikasi. Cet-9; Bandung: Remaja Rosdakarya

Halik, Abdul. 2013. Komunikasi Massa. Cet-1; Makassar: Alauddin University Press

Indarata, Iskandar. 2008. Pendekatan Kualitatif untuk Pengendalian Kualitas. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Komunkasi, pakar.Com. 2017. Komunikasi Interpersonal, Pengertian, Elemen, Sifat dan Prinsip.

Liliweri, Alo. 1994. Prespektif Teoritis Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti

M, Sholihin. Dkk. 2005. Akhlak Tasawwuf, Manusia, Etika, dan Makna Hidup. Cet-1; Bandung: Nuansa

Muhammad, Arni. 2002. Komunikasi Organisasi. Cet-5; Jakarta: Bumi Aksara

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskripsi Kualitatif. Cet-1; Jakarta: REFERENSI GP Press Group

Nasharuddin. 2015. Akhlak Ciri Manusia Paripurna. Cet-1; Jakarta: Rajawali Pers.

Nata, Abuddin. 2012. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan di Indonesia. Cet-4; Jakarta: Prenadamedia Group.

Nawawi, Hadari. 1993. Pendidikan Dalam Islam. Surabaya: Al-Ikhlas

Nurudin. 2004. Sistem Komunikasi Indonesia. Cet-1; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Salim dan Syahrum. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Cet-4; Bandung: Citapustaka Media.

Soyomukti, Nurani. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cet-4; Jogyakarta: Ar-Ruzz Media

Susanto, Anton. 2017. Pola Komunikasi Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMK Al-fajar Kasui Wai Kanan. Lampung.

Susanto, Phil Astrid. 1980. Komunikasi Teori dan Praktek. Cet-2; Bandung: Bina Cipta.

Wakhidah, Nafizatul. 2007. Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Murid. Yogyakarta

Widjaja. 1997. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Cet-3; Jakarta: Bumi Aksara.

Jurnal

Azhar. 2017. Komunikasi Antarpribadi: Suatu Kajian dalam Perspektif Komunikasi Islam. Jurnal Al-Hikmah, Vol. 9, No. 14.

Fauzan. 2017. Urgensi Kurikulum Integrasi di Pondok Pesantren dalam Membentuk Manusia Berkualitas. Jurnal Pendidikan dan manajemen, Vol. 6, No. 2.

Rohman, Miftahur. 2017. Internalisasi Nilai-Nilai Sosio Kultural Berbasis Etno-Religi di MAN Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 12, No. 1

Syarifuddin, Achmad. 2017. Komunikasi Interpersonal Antara Guru dengan Murid dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan, Vol. 1, No. 2

Tutiasri, Ririn Puspita. 2016. Komunikasi dalam Komunikasi Kelompok. Jurnal Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Vol. 4, No. 1




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v1i2.5243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +62811449192 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats