Beauty influencer di Instagram terhadap Gaya Hidup Mahasiswi Universitas Islam Makassar

Haerunnisa Haerunnisa, Zohrah N, Raidah Intizar Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Beauty influencer Di Instagram Terhadap Gaya Hidup Mahasiswi Universitas Islam Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan responden yang diambil dari mahasiswi  angkatan 2017 dan 2018 dari 9 fakultas dengan responden yang didapatkan dalam penelitian sebanyak 314 melebihi dari jumlah sampel yang dibutuhkan peneliti sebanyak 307 responden dari 1.329 populasi. Data didapatkan melalui kuisioner yang di bagikan peneliti dengan pengolahan data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS ver 25. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa Beauty influencer mempengaruhi gaya hidup mahasiswi Universitas Islam Makassar sebesar 0,463 atau 46,3% yang dilihat dari nilai Adjusted R Square sedangkan sisanya 53,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

This study aims to determine the effect of beauty influencers on Instagram on the lifestyle of students at the Islamic University of Makassar. The type of research used is quantitative research with respondents drawn from students of class 2017 and 2018 from 9 faculties with 314 respondents in the study that exceeded the number of samples needed by researchers as many as 307 respondents from 1,329 populations. Data obtained through questionnaires distributed by researchers with data processing using simple linear regression analysis with the help of the SPSS ver 25 program. The results showed that Beauty influencers influenced the lifestyle of students at the Islamic University of Makassar by 0.463 or 46.3% as seen from the Adjusted R Square value, while the remaining 53.7% was influenced by other factors.

Keywords: beauty influencer; instagram; lifestyle

Keywords


beauty influencer; instagram; gaya hidup

Full Text:

PDF

References


Buku

Patricia, Valencia.(2018). Pengaruh Endorsement Oleh Beauty influencer Terhadap Purchase Intention Produk Maybelline New York. Universitas Multimedia Nusantara.

Sumarwan, Ujang.(2011).Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemaasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jurnal

Paramitha, Nadya Aufa. (2018). Pengaruh Kredibilitas Beauty influencer Nanda Arsyinta terhadap Kepercayaan Konsumen dari Produk Kecantikan pada Remaja. Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 1 No 2. P 105-110

Sulastri S.(2019). Pengaruh Terpaan Iklan Media Online Produk Focallure terhadap Sikap dan Perilaku Mahasiswi Universitas Islam Makassar. Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 2 No 1 p 9-18

Wattimena, Grace Heidy.(2019).Presentasi Diri Beauty influencer Abel Cantika Melalui Youtube Channel (Self Presentation Beauty influencer Abel Cantika Via Youtube Channel). Jurnal Vol.12.No.1.

Internet

Cahaya. (2019, juni 30). Indonesia Pengguna Instagram Terbesar ke-4 di Dunia. Retrieved from Genpi. https://www.genpi.co/gaya-hidup/14583/indonesia-pengguna-Instagram-terbesar-ke-4-di-dunia, Diakses pada tanggal 5 Desember 2019.

Rizkinaswara,Leski.(2019). Kominfo.(https://aptika.kominfo.go.id/2019/08/penggunaan-internet-di-indonesia/, diakses pada tanggal 4 Februari 2020).

Wibowo, I. (2019, April 10). 2019, Pertumbuhan Industri Kosmetik Ditargetkan Capai 9%. Retrieved from medcom: https://www.medcom.id/ekonomi/mikro/akWG QA3k-2019-pertumbuhan-industri-kosmetik-ditargetkan-capai-9. Diakses pada tanggal 05 Februari 2020.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v1i2.5242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Komunikasi dan Organisasi J-KO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats