Analisis Model Komunikasi dan Persepsi Publik: Studi Kasus Komunikasi Kang Dedi Mulyadi dengan Remaja Terdampak Pembongkaran Rumah
DOI:
https://doi.org/10.26618/76ewz454Keywords:
Model, Persepsi, KomunikasiAbstract
Kurangnya komunikasi yang efektif, terbuka, dan berkelanjutan antara pemerintah dan masyarakat dalam pelaksanaan kebijakan masih menjadi isu yang krusial bagi negara Indonesia, terutama dalam situasi yang berhubungan langsung dengan kehidupan warga. Penelitian ini bertujuan menganalisis model komunikasi dan persepsi publik dalam interaksi antara Kang Dedi Mulyadi sebagai tokoh politik dengan Aura Cinta yang merupakan remaja terdampak pembongkaran rumah, melalui studi kasus video YouTube "Ini Penjelasan KDM Pada Remaja Yang Kecewa Karena Rumahnya Dibongkar". Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menemukan adanya penerapan model komunikasi interaksional yang bersifat dua arah serta model Newcomb yang menekankan keseimbangan orientasi antar pihak. Gaya komunikasi Dedi Mulyadi yang cenderung tegas menjadi pemicu munculnya berbagai respons dari publik, mulai dari apresiasi hingga kritik terkait sensitivitas, sementara persepsi terhadap Aura Cinta terbelah antara kesan ketidaksopanan dan keberanian dalam menyampaikan pendapatnya. Temuan dalam penelitian menekankan bahwa penggunaan model serta gaya komunikasi yang disampaikan dalam ruang publik dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap komunikator secara signifikan dan membentuk opini publik yang dinamis.
References
Akbar, R. F. (2015). ANALISIS PERSEPSI PELAJAR TINGKAT MENENGAH PADA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210.
Al-Fikri, M. (2024). GAYA KOMUNIKASI BUDAYA DEDI MULYADI DALAM MEWUJUDKAN JABAR ISTIMEWA. Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi, 5(2), 133–140.
Ani, D. P., & Marsa, Y. J. (2024). Penggusuran Sebagai Wujud Dari Konflik Agraris Di Desa Sena. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora Volume, 7(4), 149–161.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif Dimas. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Barokah, A. S., Hendra, G., & Faisal Fadilla, N. (2023). New Social Media dan Imagologi Politik Analisis Framing terhadp Konten Politik pada Kanal Youtube Dedi Mulyadi Periode 2021. Epistemik: Indonesian Journal of Social and Political Science, 4(1), 85–104. https://doi.org/10.57266/epistemik.v4i1.121
Channel, Kang Dedi Mulyadi (2025). Ini Penjelasan KDM Pada Remaja Yang Kecewa Karena Rumahnya Dibongkar. Video YouTube. https://youtu.be/I3pHsNAzGtY?si=xoEJbJ4Sh5a3QeRp
Deni, A., Rohman, A. F., Nurofik, A., Anwar, Bakri, A. A., Suryathi, W., Ramli, Saksono, H., Harahap, H. F., & Anshori, Mo. I. (2024). METODOLOGI PENELITIAN BISNIS. Cendikia Mulia Mandiri.
Evanne, L., & Srimudin, A. (2021). BUDAYA KOMUNIKASI POLITIK DI INDONESIA. Jurnal Balayudha, 1(2), 33–40.
Gay, M., Abid, M., & Handayani, A. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DALAM MEMBANGUN CITRA AKTOR POLITIK DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Journal Peqguruang: Conference Series, 6(2). https://doi.org/10.35329/jp.v6i2.5426
Larisu, Zulfiah, Kuncoroyakti, Y. A., Arifah, & Nurfahmi, E. (2023). Buku Referensi Model Komunikasi Aplikatif dan Kontemporer. PT. Literasi Nusantara Abdi Grup.
Mufti, M. W., Sani, R., & Ikhsan, M. H. (2024). Analisis HAM Terhadap Penggusuran Masyarakat Kampung Bayam yang Dilakukan Pemerintah Daerah. 6(1), 277–288.
Nisa, A. H., Hasna, H., Yarni, L., Islam, U., Sjech, N., & Djambek, M. D. (2023). Persepsi. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4), 213–226.
Nulhaqim, S. A., Hidayat, E. N., & Fedryansyah, M. (2020). UPAYA PREVENTIF KONFLIK PENGGUSURAN LAHAN. Share: Social Work Jurnal, 10(1), 109–117. https://doi.org/10.24198/share.v10i1.26896
Nurhayati, M. (2023). Komunikasi Politik dan Peran Media dalam Pemilihan Umum. Jurnal Inovasi Dan Tren, 1(2), 217–222.
Putri, M. L., Sutjipto, V. W., & Puspita, M. (2021). Model Komunikasi Keluarga Etnis Betawi dalam Memotivasi Pendidikan Tinggi dari Perspektif Anak. Jurnal Komunikasi, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss1.art3
Silaen, M. D., & Kholil, S. (2025). Analisis Model Newcomb , One-Step Flow , dan Two-Step Flow dalam Proses Kampanye Digital Pilkada 2024 di Sumatera Utara. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 9(2), 414–419.
Simangunsong, A. S., Damanik, S. N., & Oktapia, D. (2025). Persepsi Dalam Komunikasi Interpersonal. Jurnal on Education, 07(02), 11277–11283.
Siti Chadijah, & Suhana, A. (2022). Interferensi bahasa dalam komunikasi massa Dedi Mulyadi di channel Youtube Kang Dedi Mulyadi. Jurnal Bisnis, 10(1), 140–152. https://doi.org/10.62739/jb.v10i1.27
Yanti, S., Hudi, I., Asmawati, T., Putri, A., & Pira, W. (2024). ANALISIS PERAN DAN PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMILU 2024. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Administrasi Publik, 2(1), 1–11.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF ACTION RESEARCH AND DEVELOPMENT (R and D). Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who submit manuscripts to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) fully understand and agree that, upon acceptance for publication, the copyright of the article shall be transferred to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) and the Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar, as the journal's publisher. Authors are required to submit a signed Copyright Transfer Agreement as part of the publication process. It can be downloaded: Click Here