Peran Humas Dalam Menyebarluaskan Pembangunan Pariwisata Di Kabupaten Bantaeng

Muh Tahir, Junaedi Junaedi, Jabal Rahmat

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui peran humas dalam menyebarluaskan informasi pembangunan di Sektor Pariwisata Kabupaten Bantaeng dan upaya humas  dalam meningkatkan jumlah wisatawan di Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif mengurai keadaan mengenai peran humas dalam menyebarluaskan informasi embangunan sektor Pariwisata. Hasil penelitian menemukan bahwa peran humas dalam menyebarluaskan informasi pembangunan di Sektor Pariwisata Kabupaten Bantaeng bahwa;Bahwa  1. Peran Humas sangat optimal dalam menyebarluaskan Pembangunan di Sektor Pariwisata Kabupaten Bantaeng, telah Membangun Citra Humas sudah di laksanakan untuk menjalin hubungan yang baik dalam Membangun Citra Positif dengan publik, sehingga  publik tahu apa yang sebenar-benarnya telah di sampaikan., a). Mengadakan Sosialisasi antara pegawai Dinas Pariwisata dan Masyarakat dan beberapa tokoh yang lain terkait proses Pembangunan parawisata.. b) Keterbukaan Pemerintah Daerah dengan memberi informasi kepada publik melalui akun  Media Sosial seperti facebook, twitter, Media cetak dan Media elektronik. c). Menjalin hubungan yang baik kepada publik agar apa yang di inginkan dapat tercapai sesuai yang di rencanakan. 2. Bahwa upaya Humas dalam meningkatkan jumlah Wisatawan di Kabupaten Bantaeng. a). Upaya-upaya yang di lakukan untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah agar selaras  dengan tujuan-tujuan Masyarakat yang ingin di perjuangkan. b). Mengoptimalkan Media Sosial, telah di lakukan agar publik/masyarakat mengetahui bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Bantaeng dalam menyebar informasi memiliki Media Sosial berupa facebook, twitter, Media cetak dan Media elektronik. c). Sarana dan Prasarana juga sudah optimal di lakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantaeng seperti jalan menuju ke lokasi, hotel, baruga, kolam renang, taman bermain,  walaupun masih perlu perbaikan.c). Menyediakan Sarana dan Prasarana pada obyek wisata walaupun belum memadai di karenakan keterbatasan fasilitas yang di miliki.

Abstrack

This study aims to determine the role of public relations in disseminating information on development in the Bantaeng District Tourism Sector and public relations efforts in increasing the number of tourists in Bantaeng Regency. The type of research used is qualitative research describing the situation regarding the role of public relations in disseminating information on the development of the tourism sector. The results of the study found that the role of public relations in disseminating development information in the Bantaeng District Tourism Sector that: 1. The Role of Public Relations is very optimal in disseminating Development in the Bantaeng District Tourism Sector, Building Image Public Relations has been carried out to establish good relationships in Building Positive Imagery with public, so that the public knows what really has been said. a). Hold socialization between Tourism and Community Service staff and several other figures related to tourism development processes ... b) Regional Government Openness by providing information to the public through Social Media accounts such as Facebook, Twitter, print media and electronic media. c). Establishing good relationships with the public so that what is desired can be achieved as planned. 2. That public relations efforts in increasing the number of tourists in Bantaeng Regency. a). The efforts made to influence government policies to be aligned with the objectives of the Society that they want to fight for. b). Optimizing Social Media, has been done so that the public / community knows that Bantaeng District Tourism Office in disseminating information has Social Media in the form of Facebook, Twitter, Print Media and Electronic Media. c). Facilities and infrastructure have also been optimally carried out by Bantaeng Regency Tourism Office such as the road to the location, hotel, baruga, swimming pool, playground, although it still needs repairs. C). Providing Facilities and Infrastructure on tourism objects, although not yet adequate due to the limitations of the facilities owned.

Keywords


Humas; Pembangunan; Pariwisata; Public Relations; Development; Tourism

Full Text:

PDF

References


Cutlip, SM, Center, AH & Broom, GM. 2006. “Effective Public Relations”, Edisi Ketujuh, New Jersy: Prentic-Hall, Inc, Englwood Cliffs.

F. Rachmadi. (1996). Public Relations dalam Teori dan Praktek Aplikasi dalam Badang Usaha Swasta dan Lembaga Pemerintah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Karyono. H. (1997). Kepariwisataan. Jakarta: Grasindo.

Keith Butterick. (Alih bahasa: Nurul Hasfi). (2012). Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kriyantono. R. (2008). PR: Media Public Relations Membangun Citra Korporat. Jakarta: Kencana

M. A. Desky. (1991). Manajemen Perjalanan Wisata. Yogyakarta: Adicipta Karya Nusa.

Rangkuti, Freddy, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan. (2001). Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ruslan. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Raja Garfindo Persada.

Ruslan. (2013). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.

Rosady, Ruslan. 2007. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo.

Suwantoro. (1997). Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Wasesa. (2005). Strategi Public Relations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wahab, Abdul, Solihin, 2006, Analisa Kebijaksanaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dokumen- dokumen

RAPBD 2017 Kabupaten Bantaeng. Tentang Parawisata.

Undang-Undang RI, Nomor 10 Tahun 2009, Tentang Kepariwisataan




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v1i1.1774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J-KO: Jurnal Komunikasi dan Organisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +62811449192 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats