Implementasi Kebijakan Corporate Sosial Responsibility PT. Sukses Mantap Sejahtera Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Doropeti Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu

Indah Elza Putri, Nuryanti Mustari, Rofidah Rofidah

Abstract


Abstrak

Korporasi atau perusahaan berkontribusi secara wajar di dalam pembangunan daerah sebagai implementasi tanggung-jawab sosialnya melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL/CSR) yang selain mengejar keuntungan juga harus memperhatikan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Corporate Sosial Responsibility PT. Sukses Mantap Sejahtera Terhadap Pemberdayaan Masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, tipe penelitian ini fenomologi sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sementara informan dalam penelitian ini adalah Pemerintah, Perusahaan Dan Masyarakat. Teknik analisa data yang digunakan adalah data kualitatif, dan pengabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan masa penelitian, pencematan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa perusahaan memang benar telah menjalankan kewajiban mereka terkait tanggung jawab sosial perusahaan untuk mencapai suatu kesejahteraan masyarakat namun hal tersebut belum maksimal dikarenakan perusahaan yang masih dalam keadaan berkembang. Terkait masalah limbah yang meresahkan masyarakat sampai saat ini sedang ditanggulangi agar tidak menganggu masyarakat yang ada di desa Doropeti.

 

Abstract

Corporations or companies contribute fairly in regional development as the implementation of their social responsibilities through the Community Development Partnership Program which in addition to pursuing profits must also pay attention to the welfare of the communities around the area of the company's work area. The purpose of this study was to find out how the Implementation of Corporate Social Responsibility Policies of PT. Sukses Mantap Sejahtera towards Community Empowerment. The method used is descriptive qualitative research method, this type of research is fenomology while the data collection techniques used by researchers are interviews, documentation, and observation. While the informants in this study were Government, Company and Society. The data analysis technique used is qualitative data, and the validation of the data used is the extension of the research period, the acquisition of observations and triangulation. The results of this study can be seen that companies have indeed carried out their obligations related to corporate social responsibility to achieve a community welfare but this has not been maximized because the company is still in a developing state. Related to the problem of waste, which is troubling the community, is currently being addressed so as not to disturb the people in Doropeti village.

Keywords


Implementasi Kebijakan; Corporate Sosial Responsibility; Pemberdayaan Masyarakat; Policy Implementation; Corporate Social Responsibility; Community Empowerment

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, Solichin. 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

AG. Subarsono. 2011. Analisis Kebijakan Publik (konsep. teori dan aplikasi). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Agus Surjono, & Trilaksono Nugroho, Paradigma, Model, Pendekatan Pembangunan, dan Pemberdayaan Masyarakat di Era Otonomi Daerah, (Malang: Bayumedia Publishing, 2008)

Almuhajir, Haris. (2016). Thesis: Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Agung Perdana Dalam Mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan. Yogjakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Bambang Rudito dan Melia Famiola. 2013. Corporate Social Responsibility. Edisi Pertama. Bandung : Rekayasa Sains.

Brammer, Stephen; Jackson, Gregory dan Matter, Dirk. (2012). Corporate Social Responsibility and Institutional Theory: New Perspectives on Private Governance. Oxford University Press and Socio-Economic Review, p. 5.

Budimanta, A., Prasetijo, A. & Rudito, B. 2008. Corporate Social Responsibility, Alternatif Bagi Pembangunan Indonesia. Jakarta: Indonesian Centre for Sustainability Development (ICSD).

Dyah Dwi Cahya Lestari dalam http:// www. scribd.com/doc /78033388 / Sejarah

– CSR # scribd, dipublikasikan tanggal 12 Januari 2012, diakses tanggal 13 Januari 2015, jam 22.50.

Fahmi Sara, Dahlan, Sri Walny, Rahayu. (2017) ” Implikasi Yuridis Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan Batubara Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Aceh Barat” Jurnal Ilmu Hukum. Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

Fajar, Mukti, 2010, Tanggungjawab sosial perusahaan, studi tentang penerapan CSR pada perumusan multinasional swasta dan BUMN di Indonesia, Jakarta: Pusataka Pelajar.

Gassing, Syarifuddin S. Dan Surianto. 2016. Public Reletions. Yogyakarta : Andi Offset. Huraerah Abu. 2008. Pengorganisasian Dan Pengembangan Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Ife, Jim. 2008. Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi: Community Development. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mardikanto,Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta

Moh. Soerjani dkk. (ED) limgkumgan: sumber daya alam dan kependudukan dalam pembangunan, ( Jakarta : UI/press, 2008. 256).

Nasdian FT. (2014). Pengembangan Masyarakat. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Nasution, B. (2011). “Aspek Hukum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan”. Jurnal Hukum Universitas Sumatera Utara.

Rahman, Reza. 2009. Corporate Social Responsibility Antara Teori dan Kenyataan. Jakarta : Buku Kita

Salim Emil, 2009. Pembangunan Berkelanjutan. Makalah Munas Perwaku. Jakarta.

Sari RA. 2015. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen.

Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta Suhandari dalam Untung, Hendrik Budi. (2008). Corporate Social Responsibility.

Jakarta: Sinar Grafika, p. 1. Suharto, Edi, 2014, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Bandung: PT Refika Aditama

Untung, Hendrik. 2009. Corporate Social Responsibility. Jakarta : Sinar Grafika

Wahyudi, I. & Azheri, B. (2011). Corporate social responsibility: Prinsip, pengaturan dan implementasi. Jawa Timur, Indonesia: Setara Press.

Widyantoro, A., dan M. H. Subhan. 2009. Tanggung jawab sosial institusi perguruan tinggi (institution social responsibility) sebagai upaya mewujudkan sustainability development bagi masyarakat lingkar kampus. Availbale at




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v1i1.1772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J-KO: Jurnal Komunikasi dan Organisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +62811449192 (Chat Only)

email: jkoikomunismuh@gmail.com

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.