Kemitraan Pemerintah Daerah Dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah Dalam Pemasaran Objek Wisata Permandian Alam Ompo Kabupaten Soppeng
Abstract
Abstrak
Artikel ini mambahas bentuk Kemitraan Pemerintah Daerah dan Badan Promosi Pariwisata Daerah dalam Pemasaran Objek Wisata Permandian Alam Ompo Kabupaten Soppeng dan untuk mengetahui faktor-faktor apa mempengaruhi Kemitraan Pemerintah Daerah dan Badan Promosi Pariwisata Daerah Pemasaran Objek Wisata Permandian Alam Ompo Kabupaten Soppeng. Pariwisata membutuhkan kemitraan berbagai pihak tidak semata-mata berjalan sendiri tanpa dukungan dari berbagai pihak. Jenis penelitian mengunakan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui gambaran umum sebagai data dikumpulkan dilapangan secara objektif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi jumlah sebanyak 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemitraan Pemerintah Daerah dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah berdasarkan Kemitraan (kerjasama) berkaitan dengan pariwisata adalah kerjasama antara satu oranganisasi bertujuan memfasilitasi pemasaran destinasi objek wisata Kabupaten Soppeng (Permandian Alam Ompo) untuk mempermosikan potensi-potensi wisata di Kabupaten Soppeng mereka harus mengetahui sejumlah destinasi-destinasi wisata memilliki aspek menjanjikan salah satunya adalah promosi sosial media.
Abstract
The article discusses about partnership local goverment and promotion agency oflocal tourism in tourist attraction Permandian Alam Ompo Kababupaten. Soppeng and to know factors influence the partnership local goverment and promotion agency of local tourism in tourist attraction Permandian Alam Ompo Kababupaten Soppeng. Tourism needs any kinds of partnership institute and can't go through by itself without support from many people. This research used qualitative research with The type of this research have purpose to know the general description as a data collected objectively. The data collection technique used observation method, interview, and documentation through 7 people. The result of this research showed that partnership local goverment with promotion agency of local tourism. In this case based on cooperation and relation with tourism between an organization with purpose to facilitate the destination of promotion agency in Kabupaten. Soppeng. They have to knowyof tourism destination which had a good aspect. One of them will promote by social media.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Jurnal
Buckley, (2010). Jurnal P3m Poleteknik Pariwisata Makassar Pusat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat” Kemitraan Sebagai Strategi Pergembangan Priwisata Dan Hindustri Hospitality, Kampus Politeknik Pawirisata Makassar.
Melyanti Imelda Merry, (2014). Jurnal Kebijakan Dan Menejenen Publik, Pola Kemitraan Pemerintah, Civil Society, Dan Swasta Dalam Program Bank Sampah Di Pasar Baru Kota Problingo,Universitas Muhammadiyah Makasssar.
Riskayana, Kadir Abdul, Taufik Ahmad, (2012). Jurnal Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Objek Wisata Alam Pantai Karsut Di Desa Kampala Kecematan Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Universitas Muhammadiah Makassar.
Rani Deddy Prasetya Maha (2014). Jurnal Perkembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang). Universitas Airlangga.
Buku
Hadiwijoyo. Suryo,Sakti (2012). Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat, Jilit 1,Graham Ilmu, Yogyakarta.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Raju, B.S & Turi, Z.G., (2012). Rheumatic Fever.In: Bonow, R.O.Et.Al., Ed. Braunwald’s Heart Disease: A Text book Of Cardiovascular Medicine. Ed.9; Vol.1. Philadelphia: Elsevier Saunders, 1868-1875.
Salah Wahab. 2003. Manajemen kepariwisataan. Jakarta: Prandnya Paranita
Selin,Steve, (2000). Developing A Typogy Of Sustainable Tourism Partnerships. Dalam Bramwell, Bill, Dan Lane, Bernard Editor. Tourism Collaboration And Partnerships: Politics, Practice And Sustainability, Clevedon: Channel View Publications. Hal 129-142.
Warpani P. Suwarjoko, Warpani P.Indira (2007). Pariwisata dalam tata ruang wilayah, ITB Bandung, hal.6
Yeoti. Oka, A (2005). Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata, Penerbit , Pt.Pradnya Pramita,Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v1i1.1771
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 J-KO: Jurnal Komunikasi dan Organisasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar
Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)
email: jko@unismuh.ac.id
View My Stats