Analisis Persepsi Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung terhadap Efektivitas Iklan Youtube Grammarly
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa UIN Raden Intan Lampung terhadap efektivitas iklan YouTube Grammarly. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif tipe deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap informan yang dipilih secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa dapat dikategorikan menjadi dua kelompok utama: persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif mencakup daya tarik visual iklan, relevansi pesan dengan kebutuhan akademik, dan motivasi untuk meningkatkan kemampuan menulis. Sebaliknya, persepsi negatif meliputi kelebihan informasi, durasi iklan yang dianggap mengganggu, dan kurangnya aksesibilitas terhadap Grammarly premium. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana iklan digital dapat diterima oleh kalangan mahasiswa serta bagaimana meningkatkan efektivitasnya dalam konteks pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bangun, A. R., Fikri, M. Al, & Rozi, F. (2023). Respon Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Stambuk 2017 Fis Uin Su Terhadap Iklan Online Pornografi Di Facebook. Jurnal Ilmu Sosial, 2(6), 1819–1826. http://bajangjournal.com/index.php/J
Cahyo Nugroho, C. (2023). Citra Dalam Media Iklan Oppo. Seminar Nasional Desain Dan Media, 2(1), 2023.
Carlos Pingsen Pratama, Vincent So, Sunoto, Muhammad Hafiz Ivan Irawan, & Jenifer Lim. (2023). Strategi Naratif Dalam Iklan Online: Menganalisa Pengaruh Introducing Jo & Jek Terhadap Sikap Penonton di Platform Youtube. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(2), 331–337. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i2.1000
Damayanti, A., Arifin, R., & Rahmawati. (2023). Pengaruh Kreativitas Iklan, Unsur Humor, Dan Kualitas Pesan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Youtube Gojek Versi Gojek Paling Hemat. Riset, Jurnal Prodi, Manajemen Fakultas, Manajemen Unisma, Bisnis, 12(01), 510–518.
Delya, A. N., Sakuri, A. A., & Sugiharto, C. E. (2022). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Makna Muallaf Pada Iklan Online Bukalapak “A Stranger-A Ramadan Story.” Jurnal CommLine, 7(1), 43–56.
Euis Tati Haryani, Monika Indrasari, Dwi Harini, Hendri Sucipto, & Nur Khojin. (2023). Pengaruh Kreativitas Iklan, Unsur Humor, Daya Tarik Iklan Dan Kualitas Pesan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Aqua Versi Ada Aqua Di Kabupaten Brebes. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(4), 125–146. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i4.365
Habibie, M. Y. (2024). Analisis Semiotika Pada Iklan Animasi Pocari Sweat. Journal of Creative Communication Volume, 1(1), 14–27.
Hidayat, S. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta : Erlangga.
Hutabarat, Y. C. (2022). Persepsi Mahasiswa Uksw Dalam Melihat Iklan Youtube Top-4 E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 205–219.
Jordan, S. K. (2023). Pengaruh Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) terhadap Efektivitas Iklan Spotify. Journal of Accounting and Business Studies, 6(2), 22–37. https://doi.org/10.61769/jabs.v6i2.545
Kurniasi, I., & Septayuda, I. (2023). Analisis Penjualan Produk Mitra Tokopedia Palembang Pada Masa Pandemi Covid-19. YUME : Journal of Management, 6(1), 336–344.
Marliyanda, A., Wachyudi, K., & Kartini, D. (2022). Analisis Survei Terhadap Pengguna Grammarly. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1147–1152. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3171
Nadya Rahma Agustiani, & Viola De Yusa. (2023). Pengaruh Halal Awareness Dan Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Pada Mixue. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(4), 01–18. https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i4.58
Nurcahyani, D. R., & Renaldi, R. (2023). Analisis Efektivitas Iklan pada Media YouTube: Studi Kasus pada Iklan Gojek. Journal of Management and Business Review, 20(1), 1–14. https://doi.org/10.34149/jmbr.v20i1.233
Permana, A. W., & Rosmiati, A. (2019). Semiotika Iklan Aqua versi Narji Dan Sandy Sandoro. Pendhapa, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.33153/pendhapa.v9i1.2404
Purwitasari, E., Hapsari, R., Fitriani, R., & Harianto, F. (2022). Pengaruh Tayangan Konten Instagram @ daffaspeaks Terhadap Minat Belajar Public Speaking Bagi Mahasiswa. Universitas Gunadarma, 2(1), 95–106.
Rohmah, A. N. (2022). Representasi cantik dalam iklan Garnier Sakura White. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajarannya, 8(2), 77–84. https://doi.org/10.30738/caraka.v8i2.11721
Setyaningsih, E. (2019). Analisis Strategi Periklanan Aqusetyaningsih, Endah. “Analisis Strategi Periklanan Aqua Dalam Mengantisipasi Produk Kompetitor Pureit (Studi Kasus Iklan Above The Line (ATL) AQUA Periode 2007-2011).” Neliti.Com 2, no. 1 (2019): 1–2. https://www.neliti.com. Neliti.Com, 2(1), 1–2. https://www.neliti.com/publications/252952/analisis-strategi-periklanan-aqua-dalam-mengantisipasi-produk-kompetitor-pureit
Siswanto, A. J. (2020). Persepsi Iklan Gojek Versi Para Penjaga Amanah Di. Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, 2(1), 1–10.
Wulandani, P. S., Nisa, F. K., & A, N. J. (2022). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Iklan Head And Shoulders Di Youtube Terhadap Keputusan Membeli Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar. Jkomdis : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(3), 346–354. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i3.393
Yasin, M., & Syahruddin, M. (2024). Persepsi Mahasiswa KPI Angkatan 2020 Tentang Dakwah Ustadz Adi Hidayat Melalui Media Channel Youtube Adi Hidayat Official. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 4(1), 5493–5503.
DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v7i1.17584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar
Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)
email: jko@unismuh.ac.id
View My Stats