Strategi Komunikasi Biro Humas Dalam Mempertahankan Reputasi PT Semen Tonasa
Abstract
Setiap industri atau perusahaan termasuk PT Semen Tonasa terdapat bagian Humas (public relations). Pada dasarnya adalah kegiatan utama pada bagian Humas dalam upaya meningkatkan citra perusahaan. Namun di PT Semen Tonasa, Humas dan Corporate Social Responsibility adalah dua bagian yang berbeda. PT Semen Tonasa mengharapkan sepenuhnya kepada humas untuk lebih meningkatkan kinerja dan kemampuan dalam menerapkan strategi yang telah ditetapkan oleh perusahaan, dan semakin meningkatkan reputasi serta hasil atau pencapaian organisasi. Disamping itu dapat meningkatkan program-programnya melalui masyarakat sekitar dengan melaksanakan tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility yang merupakan salah satu penunjang untuk meraih penghargaan tersebut dan harus dipertahankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi biro Humas dalam mempertahankan reputasi PT Semen Tonasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penulis, Humas PT Semen Tonasa memiliki lima strategi dalam upaya mempertahankan reputasi PT Semen Tonasa. Lima strategi tersebut adalah strategi operasional memantau pemberitaan media massa mengenai opini masyarakat dan opini media, pendekatan persuasif dan edukatif dengan memberikan pemahaman dan penjelasan kepada masyarakat mengenai kebijakan perusahaan, pendekatan tanggung jawab sosial Humas menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap seluruh masyarakat, pendekatan kerja sama memperkuat promosi internal dan eksternal PT Semen Tonasa, serta pendekatan koordinatif dan integratif ikut mendukung kegiatan kegiatan pemerintah terutama kegiatan yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Anwar. 1994. Strategi Komunikasi. Bandung: Armico
Ashikin, P., & Alfikri, M. (2023). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Pada Pt. Nutrifood Indonesia. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(2), 607–615.
Amiril Azizah, Ahyar M. Diah, R. W. (2021). Pentingnya Reputasi Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan. CV Literasi Nusantara Abadi.
Amperawati, E. D. (2021). Optimalisasi Reputasi Perusahaan Melalui Kinerja Layanan Hotel Di Industri Hospitalisasi. Selaras Media Kreasindo.
Arifah, N. (2015). Pengaruh Human Relation (Hubungan Antar Manusia ) Dan Kondisi Lingkungan Fisik Terhadap Etos Kerja Karyawan Pada Pt. Delta Merlin Sandang Tekstil 1 Sragen. Nur Arifah, 151, 10–17.
Bernays, E. L. (1990). Public Relations. Oklahoma: Division of the University Manufactured in the U.S.A.
Danu Candra Indrawan. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Universitas Diponegoro Semarang 2011. 2011.
Datuela, A. (2013). Strategi Public Relations Pt. Telkomsel Branch Manado Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. II no. 1
Dr. Arif Zulkifli,. S.T., M. M. (2014). Pengelolaan Tambang Berkelanjutan. Graha Ilmu. Dr. Nurlaela Wati, S.E., M. . (2019). Model Corporate Social Responsibility. Myria.
Effendy, Onong Uchjana. 1991. Radio Siaran Teori dan Praktek. Bandung: CV Mandar Maju.
Effendy, Onong Uchjana. 2000, Ilmu Komunikasi dan Praktek. Bandung: PT
Fahruddin, Z. A., & Prayudha, H. H. (2023). Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Reputasi Universitas Muhammadiyah Malang. 6(September), 55–63.
Suprawoto. Govement Public Relations : Perkembangan Dan Praktik Di Indonesia 2018.
Gassing, S. S., & Suryanto. (2016). PUBLIC RELATIONS (pp. 156–159). C.V ANDI OFFSET.
Hambali, M. M. P., D.D.V.Kawengian, & E.Tulung, L. (2017). Strategi Humas Perusahaan Donggi Senoro Liquefied Natural Gas Dalam Membangun Citra Positif Melalui Program Corporate Social Responsibility Di Kecamatan Batui Kabupaten Banggai. VI. no. 1. http://www.sementonasa.co.id/. (n.d.). http://www.sementonasa.co.id/
Humairah, S. (2019). Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Bengkulu).
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset komunikasi. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group.
Karjoko, L., Santosa, J., & Rachmi Handayani, I. G. A. K. (2019). Disfungsi Peraturan Perundang-Undangan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan di Indonesia. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 26(2), 305–325. https://doi.org/10.20885/iustum.vol26.iss2.art5
Kinanti, T. (2014). 207021-implementasi-program-csr-corporate-socia.
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia. (2021). Peraturan Menteri BUMN Republik Indonesia Per-05/MBU/04/2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara. https://jdih.bumn.go.id/lihat/PER-05/MBU/04/2021
Mohammad Hamim Sultoni, M. A. . (2020). Corporate Social Responsibility (Kajian Korelasi Program CSR terhadap Citra Perusahaan). Duta Media Publishing.
Morissan. (2008). Manajemen Public Relations. Fajar Interpratama Offset. O
liver, S. (2006). Public Relations Strategy. Erlangga.
Pangkep, T. (2020). PT Semen Tonasa Gandeng Forum CSR Andi Mappe Kelurahan Samalewa Salurkan Bantuan ke Warga Ring 1.
Rezeky, R., & Saefullah, M. (2017). Strategi Humas Partai Gerindra dalam Membangun Citra Partai pada Pemilu 2014. 1 no. 1(2580–3832), 2580– 3808.
Rukmana, W. E. (2010). Analisis Pengaruh Human Relation (Hubungan Antar Manusia) Dan Kondisi Fisik Lingkungan Terhadap Etos Kerja Dan Kinerja Karyawan Dedy Jaya Plaza Tegal. Tesis.Universitas Diponegoro, 1–146
Raturahmi, L., Dewi S.Y, R. U., & Meisani, S. (2021). Strategi Komunikasi PT.Pos Indonesia Dalam Meningkatkan Reputasi Perusahaan. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 3(1), 30–42.
Ruslan, R. (2007). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R. (2010). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suherman, A. (2020). Teori-Teori Komunikasi. Deepublish.
Sukoco, I. (2014). Fungsi Public Relations Dalam Menjalankan Aktivitas Corporate Social Resposibility. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 188–198.
Wardah, Syukri, Nur Alim Syarif (2022). Startegi Komunikasi Humas Bawaslu Kabupaten Takalar dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi.
Wasesa, S. A. (2005). Strategi Public Relation. PT Gramedia Pustaka Utama. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v5i2.15955
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar
Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)
email: jko@unismuh.ac.id
View My Stats