Urgensi Kompetensi Digital Untuk Kepemimpinan Efektif di Lingkungan Organisasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat pemahaman dan penerapan kompetensi digital dan dampak kompetensi digital terhadap efektivitas kepemimpinan di lingkungan organisasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini menyoroti urgensi dan manfaat kompetensi digital dalam kepemimpinan organisasi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar, dengan harapan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan organisasi melalui integrasi pelatihan kompetensi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pimpinan organisasi mahaiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin organisasi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki kompetensi digital yang memadai untuk menjalankan tugas kepemimpinan, meskipun masih dihadapkan pada tantangan seperti masalah jaringan dan risiko keamanan digital. Penggunaan teknologi digital meningkatkan efisiensi komunikasi, kolaborasi tim, dan pengambilan keputusan dalam konteks organisasi mahasiswa, sementara pemimpin perlu mempertimbangkan dampak negatif seperti ketergantungan teknologi dan kurangnya interaksi tatap muka. Pemerintah dapat diharapkan untuk memfasilitasi pelatihan kompetensi digital yang lebih luas dan terstruktur bagi pemimpin organisasi mahasiswa, serta meningkatkan infrastruktur teknologi dan keamanan digital untuk mendukung efektivitas organisasi mahasiswa di perguruan tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, R. D. (2021). Strategi Pemimpin Dalam Digital Leadership Di Era Disrupsi Digital. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 11(1), 58–72.
Choirunnisa, L., Oktaviana, T. H. C., Ridlo, A. A., & Rohmah, E. I. (2023). Peran Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Pelayanan Publik di Indonesia. Sosio Yustisia: Jurnal Hukum Dan Perubahan Sosial, 3(1), 71–95.
Damanik, R. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi mahasiswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 51–55.
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).
Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175–184.
Nur, R. (2021). PENGARUH IKLIM ORGANISASI, KOMPETENSI DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KINERJA GURU PADA UPT SD NEGERI 1 KEPULAUAN SELAYAR. STIE Nobel Indonesia.
Ramadhan, A. N., & Muhyadi, M. (2021). Tuntutan Profesionalisme Bidang Administrasi Perkantoran Di Era Digital. Jurnal Sekretaris Dan Administrasi Bisnis, 5(1), 29–38.
Yusuf, M., Saifudin, A., & Zahrok, A. N. (2022). Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan literasi digital guru pada masa pandemi covid-19. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 80–96.
DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v6i2.15882
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar
Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)
email: jko@unismuh.ac.id
View My Stats