Uses and Gratifications Penggunaan TikTok Dalam Pengembangan Karakter Siswa ADEM Repatriasi Malaysia di SMK Islamic Village Kabupaten Tangerang Banten

Olivia Ekasari, Nurbiah Tahir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial TikTok dalam pengembangan Karakter Siswa ADEM Repatriasi Malaysia di SMK Islamic Village Kabupaten Tangerang Banten. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok dalam pengembangan karakter siswa ADEM Repatriasi Malaysia memberikan hasil yang positif dan negatif. Pada aspek positif (1) keperluan kognitif, siswa memanfaatkan TikTok untuk menambah ilmu pengetahuan untuk meningkat wawasan dan skill. (2) Keperluan integratif individu, siswa menggunakan TikTok sebagai media identifkasi diri dimana media berperan dalam pengembangan karakter siswa yaitu dengan mengakses konten penanaman nilai-nilai moral dan motivasi melalui video yang mereka tonton. (3) Keperluan integratif sosial, siswa menggunakan TikTok untuk memperluas jaringan pertemanan (4) Keperluan afektif dan pelepasan, siswa menggunakan TikTok sebagai sarana hiburan dimana media yang berfungsi dalam mengatasi kejenuhan pada saat belajar. Sedangkan pada aspek negatif dari penggunaan TikTok siswa sering mengikuti trend bahasa gaul dan kurang bisa menempatkan diri dalam menggunakan bahasa tersebut. Oleh karena itu diperlukannya membentuk karakter yang baik, guru dan kakak pengasuh sudah berupaya untuk menanamkan karakter baik pada siswa. Upaya yang mereka lakukan adalah memberikan nasihat, contoh teladan, pembiasaan dan juga pemberian punishment jika siswa berperilaku buruk.


Keywords


Penggunaan Tiktok, Pengembangan Karakter, Siswa

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236.

Ambar. (2017). Teori Komunikasi Massa McQuail – Konsep – Karakteristik. Pakarkomunikasi.Com.

Asri, G. K. P., Suwarjiya, S., & Aulia, N. (2023). Tik Tok media pengembangan karakter melalui kreativitas tari kreasi Dayak. Imaji, 21(1), 10–21.

Awaliyah, C., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Media Sosial Mempengaruhi Integrasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7868–7874.

Child, J. T., & Haridakis, P. (2018). Uses and Gratifications Theory. Engaging Theories in Family Communication, 337–348.

Deriyanto, D., Qorib, F., Komunikasi, J. I., Tribhuwana, U., & Malang, T. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. Jisip, 7(2), 77. www.publikasi.unitri.ac.id

Eka Yeni Winantika, Budi Febriyanto, & Shopia Nida Utari. (2022). Peran Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Digital. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 1–14.

Fahroji, O. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter. In Qathrunâ (Vol. 7, Issue 1).

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 15(1), 54–61.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.

Gafar, & Abdoel. (2008). Penggunaan Internet Sebagai Media Baru dalam Pembelajaran. Penggunaan Internet Sebagai Media Baru Dalam Pembelajaran, 8(2), 36–43.

Hadi, I. P., Wahjudianata, M., & Indrayani, I. I. (2021). KOMUNIKASI MASSA (T. Q. Media (ed.); Pertama). Qiara Media.

Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi Penulis.

Illahi, N. K., & Aditia, R. (2022). Analisis Sosiologis Fenomena dan Realitas Pada Masyarakat Siber. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(2), 75–82.

Irawan, H., & Firdaus, K. B. (2021). Resiliensi Pancasila di Era Disrupsi: Dilematis Media Sosial Dalam Menjawan Tantangan Isu Intoleransi. Jurnal Paris Langkis, 1(2), 36–47.

Karini, R. (2019). Skripsi: Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Smpn 1 Gunung Sugih

Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104.

MA Koni, S. (2016). “Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik.” TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.26644/jko.v6i2.15881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Jl. Sultan Alauddin No. 259 Kota Makassar, Prov. Sul-Sel 90221, Gedung Iqra Lantai 5, Prodi Ilmu Komunikasi
WA: +6281242298502 (Chat Only)

email: jko@unismuh.ac.id

 


Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-KO) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
 

View My Stats